Selasa, 17 Jul 2018 17:02 WIB

Mulai Nanti Malam Tol Jakarta-Cikampek Bakal Ditutup Sebagian

Fadhly Fauzi Rachman - detikOto
Jalan tol Cikampek (Foto: Rifkianto Nugroho) Jalan tol Cikampek (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) akan menutup 2,5 lajur pada ruas jalan tol Jakarta-Cikampek. Penutupan lajur ini dilakukan seiring dengan sedang dilakukannya pekerjaan teknis pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated yang sedang dibangun.

Perlu diketahui, tol Jakarta-Cikampek Elevated adalah jalan tol layang yang pekerjaannya dilakukan tepat di atas jalan tol Jakarta-Cikampek yang saat ini sudah beroperasi.

Sehingga, bila ada pekerjaan konstruksi yang tergolong berisiko tinggi, maka lalu lintas jalan tol Jakarta-Cikampek perlu mendapat penanganan khusus agar tidak membahayakan pengendara yang melintas di abawahnya.


General Manager Jakarta-Cikampek Raddy R. Lukman mengatakan penutupan lajur akan dilakukan pada saat window time, atau pada Selasa (17/7/2018) malam, yakni pukul 21.00-05.00 WIB untuk lajur di kilometer 18.

Pekerjaan teknis yang sedang dilakukan ialah pelaksanaan komisioning, yakni suatu pengujian operasional untuk memastikan pekerjaan dalam proyek Jakarta-Cikampek Elevated dapat dilaksanakan dan memenuhi semua peraturan yang berlaku, regulasi, kode, dan sesuai standar yang telah ditetapkan.

"Simulasi dimaksudkan untuk memastikan apakah metode erection tersebut dapat digunakan dengan mempertimbangkan lalin yang tetap dapat mengalir dan gangguan terhadap arus lalu lintas masih dapat ditolerir," jelas Raddy dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Pemberlakuan pengurangan lajur maksimal sebanyak 2,5 lajur ditutup untuk melihat dampak kepadatan yang terjadi saat dilakukan pekerjaan.

Pengurangan lajur dilakukan demi keamanan dan keselamatan kerja untuk pekerja proyek dan demi keamanan dan keselamatan lalu lintas bagi pengguna Jalan Tol Jakarta-Cikampek, mengingat pekerjaan tersebut masuk dalam kategori pekerjaan dengan risiko tinggi.

"Jasa Marga mohon maaf jika terdapat hambatan lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di sekitar Bekasi Barat sampai Tambun, dan arah sebaliknya selama kegiatan komisioning berlangsung uji coba launcher gantry," katanya.


Raddy juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk dapat mengantisipasi perjalanannya, dan jika terjadi kepadatan maka pengguna jalan dapat menggunakan jalur alternatif.

Beberapa jalur alternatif menuju Cikampek yang dapat digunakan pengguna jalan tol yang sudah berada dalam Jalan Tol Jakarta-Cikampek dapat keluar ke jalan arteri melalui Gerbang Tol (GT) Bekasi Barat/Timur dan kemudian masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cibitung dan dari arah sebaliknya.

Otolovers yang biasa melewati jalan tersebut, siap-siap ya... (fdl/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed