Selasa, 17 Jul 2018 14:00 WIB

Kwid Tak Dapat Bintang Crash Test, Apa Kata Renault Indonesia?

Dina Rayanti - detikOto
Renault Kwid saat diluncurkan di Indonesia. Foto: Dina Rayanti Renault Kwid saat diluncurkan di Indonesia. Foto: Dina Rayanti
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Hasil uji tabrak bisa menjadi acuan seseorang sebelum membeli mobil. Dengan begitu, calon pemilik bisa mempertimbangkan apakah mobil tersebut cukup aman melindungi orang yang berada di dalamnya.

Lembaga penguji tabrak mobil ASEAN NCAP baru saja merilis hasil tabrak mobil hatchback mungil Renault Kwid. Buat konsumen yang sudah terlanjur membeli mungkin bakalan kecewa dengan hasil tes tersebut.


Dalam hasil tes tabrak yang dilakukan ASEAN NCAP baru-baru ini, Renault Kwid buatan India tak mendapatkan bintang sama sekali. Diuji tabrak dari depan, Renault Kwid ini hancur. Bahkan kalau menurut hasil tes itu, tidak mampu melindungi mereka yang berada di dalam mobil. Satu airbag tidak cukup untuk melindungi pengendara dari tabrakan itu.

Dari 36 poin proteksi untuk orang dewasa, Kwid hanya membukukan 10,12 poin saja. Sementara buat penumpang anak dari keseluruhan 49 poin, Kwid tercatat hanya berhasil mencatat 14,56 poin.

Kwid juga tak didukung oleh fitur yang mumpuni. Fitur-fitur seperti ABS, Electronic Stability Control (ESC), pengingat pemakaian sabuk pengaman, blind spot warniing, autonomous emergency braking, dan collision warning system tidak tersemat dalam mobil yang membuat Kwid tak dapat bintang di kategori SAT.


Pihak Renault Indonesia pun enggan memberikan komentar terkait hasil uji tabrak pada mobilnya itu.

"Kami belum terima informasi resmi dari principal Renault Perancis sampai saat ini, jadi kami belum bisa memberikan komentar," ungkap Sales & Marketing Division Head Renault Indonesia, Ario Soerjo saat dikonfirmasi detikOto, Selasa (17/7/2018).

Renault Indonesia sendiri memang mendatangkan Kwid dari India. Hal tersebut dapat dilihat dalam data wholesales (dari pabrik ke diler) milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed