Jumat, 13 Jul 2018 12:49 WIB

KPPU Kritik Pengumpulan Data Penjualan oleh Asosiasi

Akfa Nasrulhak - detikOto
Foto: Rangga Rahadiansyah Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengkritik pengumpulan data penjualan kendaraan di dalam negeri oleh asosiasi produsen.

Dikutip dari detikOto dari CNNIndonesia, Kamis (12/7/2018), Deputi Bidang Pencegahan KPPU Taufik Ahmad menyampaikan bahwa penyetoran data tersebut dalam konteks persaingan bisnis terdapat kerawanan atau celah penyalahgunaan data.


"Ketika perusahaan satu asosiasi atau kumpulan pelaku usaha bisa mengumpulkan data dan informasi dari masing-masing pelaku maka dikhawatirkan data-data itu bisa disalahgunakan untuk tujuan pengaturan pasar," kata Taufik di kantor KPPU, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Terkait pandangan tersebut, ia mengaku bakal membawa masalah tersebut ke rapat komisi KPPU. Tujuannya, tentu ingin melihat apakah memberikan data kepada asosiasi bertentangan atau tidak dengan prinsip persaingan bisnis.

"Kami nanti akan bawa ke rapat komisi berikutnya untuk melihat karena di sana ada juga regulasi yang mendasari yang mungkin ditafsirkan lain-lain yang barangkali nanti kami bisa kasih pertimbangan ke pemerintah," tegas Taufik.

Sementara itu, Ketua I Gaikindo, Jongkie D Sugiarto mengungkapkan pihaknya masih belum mengetahui kritikan dari KPPU tersebut. Adapun jika memang hasil dari rapat dengan komisi, dan menjadi aturan resmi pemerintah, maka Gaikindo bersedia untuk mematuhi peraturan tersebut.


"Pokoknya Gaikindo ikut aturan pemerintah aja," ujar Jongkie saat dimintai konfirmasi oleh detikOto, Kamis (12/7/2018).

Pihak Gaikindo sendiri menurut Jongki, masih belum tahu bagaimana ke depannya nanti jika memang larangan tersebut resmi diatur oleh pemerintah. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya