Kamis, 12 Jul 2018 13:41 WIB

Menperin: Hasil Studi Mobil Listrik Kelar Agustus

Trio Hamdani - detikOto
Menperin Airlangga Hartarto dan Presdir Toyota Motor Manufacturing Indonesia Warih Andang Tjahjono mencoba mobil listrik Toyota Foto: Agung Pambudhy Menperin Airlangga Hartarto dan Presdir Toyota Motor Manufacturing Indonesia Warih Andang Tjahjono mencoba mobil listrik Toyota Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pemerintah mendapatkan puluhan unit kendaraan ramah lingkungan dari Mitsubishi dan Toyota. Mobil-mobil itu kemudian diteliti. Hasil studinya ditargetkan rampung Agustus.

"Nanti Agustus kita keluarkan dulu studinya," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Gedung BKPM, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Saat ini studinya sedang dilakukan dengan melibatkan para pihak termasuk perguruan tinggi.

"Mobil listrik kan kita sedang lakukan studi baik dengan stakeholder dari segi regulasi, maupun dengan perguruan tinggi," sebutnya.



Studi ini dilakukan agar ketika mobil listrik siap diproduksi dan beroperasi di Indonesia, bisa sesuai dengan kondisi di Indonesia.

"Studinya tentu disesuaikan dengan kondisi Indonesia. Jadi tentu kan semua kendaraan perlu menyesuaikan terhadap kondisi iklim. Nah tentu ini yang sedang distudi di ITB, ITS, UGM, dan yang lain," ujarnya.

Setelah hasil studinya selesai, akan mulai disosialisasikan. "Setelah studi kan harus ada sosialisasi, ada kebijakan mengenai tarifnya mengenai Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM). Industri ini kan pembelinya adalah publik, sehingga dengan demikian publik harus diedukasi," lanjutnya.


Sementara dari sisi regulasi, kata Airlangga tinggal membahas masalah fiskal.

"Regulasi yang kita perlukan di Perhubungan untuk laik darat sudah ada perbaikan, sedang dibahas. Nah tinggal kita yang terkait dengan fisikal. Masih dibicarakan dengan Kementerian Keuangan," tambahnya. (dna/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed