Kamis, 12 Jul 2018 12:02 WIB

Hankook Ekspansi Pabrik Ban di Indonesia

Akfa Nasrulhak - detikOto
Pabrik Hankook di Cikarang Bekasi (Foto: Rachman Haryanto) Pabrik Hankook di Cikarang Bekasi (Foto: Rachman Haryanto)
Cikarang - Produsen ban Korea, PT Hankook Tire Indonesia kini telah memiliki dua pabrik. Sudah hampir lima tahun, pabrik ban yang berada di Cikarang, Bekasi ini rata-rata telah memproduksi 12 juta ban per tahun atau 32.000 ban per hari.

Dengan menyerap tenaga kerja lokal mencapai 2.000 karyawan, Hankook akan terus kembangkan hingga mencapai 4.200 karyawan. Namun Hankook masih melihat pasar di Indonesia untuk melanjutkan ekspansi pembangunan tersebut.

"Investasi untuk tahap satu dan dua sudah 100 persen, produksinya juga sudah full 100 persen," kata Public Relation and Plant Management Team, Ade Mahendra saat ditemui detikoto di pabrik Hankook Cikarang, Bekasi, Rabu (11/7/2018).

Menurut Ade, perusahaan masih melihat perkembangan pasar di Indonesia terlebih dahulu sebelum melanjutkan pembangunan pabrik. Saat ini Hankook masih mengandalkan pasar internasional yang meluas ke berbagai negara seperti kawasan Timur Tengah, Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, dan Asia Tenggara.



Hingga saat ini, nilai investasi 100% dari Korea dan tidak ada pihak lokal manapun yang bekerja sama dengan Hankook dan terbukti dengan terealisasinya hingga dua tahap pembangunan pabrik.

"Tahap pertama investasi sebesar US$ 340 juta, dan tahap dua nilai investasinya US$ 650 juta," ujar Ade.

Nilai investasi yang dipersiapkan total keseluruhan mencapai US$ 1,1 milar. Hankook berencana membangun pabrik keempat dan kelima di lokasi pabrik yang sama. Pabrik baru ini akan digunakan untuk memproduksi ban truk dan bus. Saat ini kedua pabrik tersebut masih memproduksi ban untuk tipe mobil penumpang.




(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed