Minggu, 08 Jul 2018 18:11 WIB

Ini Pesan Dion Wiyoko Buat Pengendara Muda

Akfa Nasrulhak - detikOto
Dion Wiyoko (Foto: Rangga Rahadiansyah) Dion Wiyoko (Foto: Rangga Rahadiansyah)
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Dion Wiyoko
tak hanya senang beraksi di layar. DI balik kesehariannya sebagai aktor, Dion Wiyoko juga menjadi safety driving ambassador. Dion mengaku tengah keliling di seluruh Indonesia mengampanyekan keselamatan berkendara bagi anak muda.

Berbagai kampus sudah dia datangi untuk menularkan keselamatan berkendara.

"Sebenarnya pertama kali waktu ditunjuk sebagai ambasador safety driving oleh Toyota cukup kaget juga ya. Karena memang masalah safety driving di Indonesia ini kesadarannya sangat kurang ya, tapi semua orang udah cukup tahu. Nah makanya, kaget dan cukup bangga juga. Maksudnya senang juga diajak menggalakkan safety driving di Indonesia," ujarnya saat ditemui di sela-sela coaching clinic Smart Movin Toyota Fortuner kepada detikOto.

Kampanye keselamatan berkendara ini juga difokuskan kepada para anak muda yang menjadi generasi penerus. Generasi yang harus mewariskan budaya berkendara yang saling menghargai dan disiplin mematuhi aturan berkendara.

"Apalagi anak-anak muda ya untuk kampanyenya itu. Jadi diingatkan lagi lah bahwa keselamatan itu penting. Jadi diingatkan lagi bahwa penyebab kecelakaan berkendara terbesar itu bukan hanya pengendaranya tapi dari luar itu sendiri. Karena meskipun kita sudah berkendara dengan baik dan disiplin dengan marka jalan, tapi tetap saja kita ditabrak dari belakang atau hal lain. Jadi makanya kita harus mempunyai kendaraan yang memang punya fitur keselamatan yang cukup banyak untuk melindungi pengendara. Jadi istilahnya bawa payung sebelum hujan," jelas Dion Wiyoko.
Walaupun Dion sadari bahwa masyarakat pada dasarnya sudah menyadari akan aturan-aturan untuk keselamatan yang perlu ditaati, misalnya penggunaan safety belt atau dilarang menelepon sambil menyetir. Namun Dion juga menjelaskan bahwa hal itu perlu diingatkan terus menerus agar tidak ada pengendara yang lengah terhadap pentingnya keselamatan berkendara.

"Saya yakin sebenarnya anak-anak muda yang disosialisasikan itu udah tahu bagaimana pentingnya safety belt, rem ABS, airbag dan lain-lain, tapi ya memang kita harus ingatkan terus, jadi gak ada capeknya lah kita untuk ingatkan khususnya anak muda di Indonesia ini," kata Dion.

Dion sangat senang terhadap antusias para pemuda yang ia datangi di berbagai kampus beberapa waktu lalu. Ia memiliki agenda untuk mengkampanyekan keselamatan berkendara ini ke beberapa kampus di beberapa kota besar di Indonesia.

"Antusias mereka juga sangat bagus, kita sudah mendatangi dua kampus, pertama di UI kedua di Surabaya, kemudian nanti akan ada di UNAIR, UNDIP dan dua kampus di Bandung," papar Dion.
Dion berpesan kepada seluruh pengguna kendaraan baik roda empat ataupun roda dua untuk saling menghargai satu sama lain dan mencirikan pengendara yang berbudaya sehingga kecelakaan setidaknya dapat diminimalkan dengan adanya kesadaran akan pentingnya saling menghargai sesama pengguna jalan.

"Untuk para pengguna kendaraan, baik mobil ada ataupun motor atau bahkan angkutan umum , saling menghargai aja gitu ya, kita sesama pengendara pasti ingin pulang dengan selamat. Kalau misalnya kita saling menghargai pasti kita berkendara dengan lebih sopan dan aman serta nyaman juga," tutupnya. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed