Sabtu, 07 Jul 2018 16:34 WIB

Coaching Clinic Toyota Fortuner

Fortuner Made in Karawang Lebih Banyak Diekspor

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Toyota All New Fortuner. Foto: Rangga Rahadiansyah Toyota All New Fortuner. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Toyota Fortuner tak cuma laris di dalam negeri. Mobil SUV andalan Toyota itu diminati berbagai negara di dunia. Mobil itu diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat.

Menurut PR Manager PT Toyota Astra Motor Rouli H Sijabat, Fortuner buatan Indonesia sudah mendunia. Bahkan, penjualan Fortuner di luar negeri lebih banyak ketimbang di dalam negeri.



"Fortuner sendiri memang menjadi pilihan penting. Karena mobil ini kualitas global," sebut Rouli di sela-sela acara coaching clinic detikOto bersama Toyota Fortuner di Jakarta, Sabtu (7/7/2018).

Menurut Rouli, Fortuner sudah diproduksi sebanyak 574 ribu dari pertama kali meluncur pada 2005 sampai Juni 2018 kemarin. Dari angka itu, Fortuner lebih banyak diekspor ketimbang dijual di dalam negeri.

"70 persennya diekspor. Jadi cuma 30 persen yang di Indonesia. Jadi ini sebetulnya mobil ekspor," ucap Rouli.



Dia menyebut, Fortuner mempunyai peran penting dalam mengembangkan pasar otomotif di Indonesia. Penjualannya di dalam negeri semakin meningkat dari tahun ke tahun.

"Fortuner pertama muncul tahun 2005, sampai sekarang sudah 16 tahunan. Kalau dilihat dulu dari 2005-2010 itu rata-rata penjualan di Indonesia angkanya masih di bawah 10.000 unit setahun. Tahun 2011-2015 naik per tahunnya jadi 11-20 ribu. 2016 muncul yang baru sampai sekarang sudah hampir 3 tahun angkanya naik lagi jadi di atas 20.000, bahkan 2016 itu mencapai 28 ribu setahun. Kita berterima kasih kepada para pencinta di segmen SUV yang turut mengembangkan pasar," ucap Rouli.

"Ini mobll yang termasuk penyumbang ekspor terbesar dari pabrik Toyota di Karawang. Sudah diekspor ke 56 negara," sebut Rouli. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed