Jumat, 06 Jul 2018 18:27 WIB

Penjualan Mobil, Prancis Tak Seberuntung Jerman

Dina Rayanti - detikOto
Logo mobil Peugeot (Foto: Ari Saputra) Logo mobil Peugeot (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Di Piala Dunia 2018, Prancis sedikit lebih beruntung dari Jerman. Prancis masih akan berlaga di babak perempat final melawan Uruguay, sedangkan Jerman sudah terlebih dahulu pulang karena tak lolos babak kualifikasi grup.

Tapi kalau bicara soal penjualan mobil di Indonesia, produsen-produsen mobil Prancis tak seberuntung Jerman. Kalau merek mobil Jerman seperti BMW, Mercedes-Benz, Audi, VW masih sering kita lihat di jalanan Tanah Air namun tidak dengan mobil Prancis.



Data penjualan pun menunjukkan hal itu. Tercantum dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) secara ritel sales (dari diler ke konsumen) bulan Mei 2018, produsen mobil Prancis yang menjual mobilnya di Indonesia seperti Renault dan Peugeot tidak bisa menembus 50 unit.

Renault misalnya hanya mengirimkan 49 unit mobilnya saja, sementara Peugeot 14 unit. Tentu angka tersebut berbeda cukup signifikan dengan BMW yang mencapai 315 unit atau Volkswagen 69 unit.

Sementara jumlah unit Mercedes-Benz yang dijual di Indonesia tidak bisa diketahui karena tidak menyetorkan datanya ke Gaikindo.



Padahal kalau melihat dari segi harga, Renault memiliki mobil dengan kisaran harga Rp 100 jutaan ke atas yang bisa bersaing dengan mobil LCGC buatan Jepang. Mobil berkapasitas 1.000cc itu bahkan tidak dimiliki oleh mobil merek Eropa lain untuk Indonesia.

Namun tampaknya orang Indonesia belum terlalu percaya dengan merek-merek Eropa tersebut. Mobil murah merek Eropa itu secara wholesales (dari pabrik ke diler) hanya terkirim 19 unit saja pada bulan Mei.

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Blak-blakan
×
Basarnas: SDM dan Alat Terbatas
Basarnas: SDM dan Alat Terbatas Selengkapnya