Kamis, 05 Jul 2018 20:55 WIB

Mobil 'Made In Indonesia' Laris di Luar Negeri

Dina Rayanti - detikOto
Ekspor mobil Foto: Pradita Utama
Jakarta - Mobil-mobil 'Made In Indonesia' cukup laris di luar negeri. Hal itu terlihat dalam data ekspor CBU Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Memang mobil-mobil yang di ekspor ke beberapa negara dari Indonesia bukanlah merek Indonesia namun merek Jepang.



Merek-merek seperti Toyota, Daihatsu, Suzuki, memang diketahui memproduksi mobilnya untuk kebutuhan ekspor di Indonesia. Ada yang modelnya sama, ada juga yang berbeda.

Toyota misalnya mengekspor Fortuner, Innova, Vios, hingga Sienta. Sementara Daihatsu yang juga memproduksi mobil-mobil merek Toyota mengirimkan Avanza, Rush dan juga Wigo (Agya), Lite Ace, Town Ace, hingga Gran Max.



Selain itu yang tercatat mengirimkan mobilnya keluar negeri ada Suzuki. Suzuki mengirimkan Ertiga dan APV ke negara-negara Asia hingga Amerika Latin.

Honda, Nisssan, Hyundai, Chevrolet, Hino, dan Datsun juga masuk dalam daftar merek mobil yang mengimpor mobilnya ke beberapa negara.



Hanya saja Nissan, Honda, Chevrolet, Datsun, dan Hyundai pada bulan Mei tercatat tidak mengekspor mobil andalannya ke beberapa negara tujuan ekspor.

Secara total pada bulan Mei 2018 ada 18.529 mobil CBU berlabel 'Made in Indonesia dikirim ke beberapa negara. Angka tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan dengan bulan April yang mencapai 21.055 unit. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com