Kamis, 05 Jul 2018 10:08 WIB

Laporan dari Jepang

Mobil Balap Formula 1 Bekas Schumacher Dijual, Berapa Harganya?

Zulfi Suhendra - detikOto
Mobil Balap Ferrari di Formula 1. Foto: Zulfi Suhendra Mobil Balap Ferrari di Formula 1. Foto: Zulfi Suhendra
Fuji - Mobil pabrikan Italia, Ferrari dikenal mahal. Apalagi untuk mobil Ferrari yang pernah dipakai balap Formula One. Berapa sih harganya?

Di gelaran Ferrari Challenge 2018 di Sirkuit Fuji Speedway, Jepang ada jajaran mobil balap Formula One besutan Ferrari. Mobil yang terkenal dengan warna dominan merah berkelir kuning ini juga meramaikan gelaran balap di kaki Gunung Fuji.

Berjejer mobil Formula One bekas Michael Schumacher, Felipe Massa, dan pebalap F1 lainnya.



Tapi mereka bukan dipakai balapan, hanya untuk eksibisi saja. Nah, konon, mobil-mobil tersebut sudah dibeli oleh konsumen-konsumen kaya di sejumlah negara.

Head of Corse CLienti Asia Pasific Louis Colmache mengatakan, harga dari Ferrari eks Formula One itu tak bisa disamaratakan. Ada beberapa faktor yang menentukan.

"Harga mobil Ferrari Formula One meningkat signifikan beberapa tahun lalu. Harganya berkisar antara 2 sampai 5 juta euro," kata dia saat berbincang di Sirkuit Fuji Speedway, Jepang, Sabtu (30/6/2018).

Bila dirupiahkan dengan kurs yang berlaku Rp 16.650/euro, maka harga termurah ialah Rp 33,3 miliar dan harga paling mahal Rp 83 miliar.



Louis mengatakan, harga tersebut adalah perkiraan. Ada beberapa parameter yang menentukan harga dari mobil Ferrari eks Formula One.

"Ada beberapa faktor tergantung tahun, apa mobil tersebut pernah juara, apa hanya test car," kata dia.

Dia menggambarkan untuk mobil Formula One tahun 2000 ke atas, biasanya harganya lebih mahal lantaran lebih mudah dipakai, sudah banyak elektronifikasi dan sudah banyak pembaharuan yang dilakukan.

"Lain lagi bila Anda kolektor atau ingin melihat dari sisi sejarahnya. Jadi harganya ditentukan parameter yang berbeda," tutupnya. (zul/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed