Senin, 25 Jun 2018 10:15 WIB

Pertama Kali, Volvo Buat Mobil di Amerika

Ruly Kurniawan - detikOto
Volvo S60 Foto: Volvo Volvo S60 Foto: Volvo
Charleston, South Carolina AS - Sedan masih jadi mobil favorit di Amerika Serikat. Karena itu banyak pabrikan yang memutuskan membangun pabrik mobil sedan di sana, salah satunya adalah Volvo.

Untuk pertama kalinya, Volvo memproduksi mobil di Amerika, pabrik ini berada di sekitar Charleston, South Carolina. Mobil Volvo yang diproduksi pertama kali adalah sedan mewah Volvo S60.

S60 merupakan mobil pertama Volvo yang dijual tanpa mesin diesel, hal ini selaras dengan hasrat Volvo dalam elektrifikasi mobilnya. Volvo tahun 2017 lalu mengumumkan kalau tahun 2019 semua modelnya merupakan model yang sudah terelektrifikasi.



Sedan Volvo S60 terbaru langsung menjadi perhatian banyak orang. Bagaimana tidak, selain mobil ini adalah yang pertama kali dijual tanpa opsi mesin diesel, harganya dinilai sangat menggoda. Dengan suguhan teknologi dan kemewahannya (penyempurnaan Volvo S90 dan V6) varian tertinggi S60 terbaru dibanderol Rp 900 jutaan (USD 63.990). Mobil yang dimaksud adalah bermesin T8 plug-in hybrid (400 Hp 298 kW).

Pekerja merakit komponen mobil Volvo S60Pekerja merakit komponen mobil Volvo S60 Foto: Volvo


Sedangkan untuk varian termurahnya, dengan menggendong mesin turbocharged T5 Volvo menghargai generasi terbaru S60 Rp 500 jutaan (USD 35.800). Namun bila memilih mobil yang berkonfigurasi online Volvo, harganya bisa menjadi mahal. Dengan pilihan mesin T5 yang memiliki 250 tenaga kuda (186 kW) mobil dibanderol sekitar Rp 600 jutaan (USD 42.900). Naik kelas sedikit ke mesin T6 dengan 316 tK (235 kW), harga mobil menjadi Rp 668 jutaan (USD 47.400).

"S60 baru adalah salah satu mobil Volvo yang paling menarik yang pernah kami buat," ujar Presiden Volvo Cars, Hakan Samuelsson.

Volvo hanya menyediakan satu opsi warna pada S60 terbaru yaitu Black Stone (warna standar). Namun bila calon pemiliknya ingin mewarnai sedan terbaru dari Volvo tersebut seperti Crystal White, Osmium Grey, Denim Blue, Pine Grey, Fusion Red, Brich Light, atau Pebble Grey maka siapkan dahulu kocek tambahan sekitar Rp 10 jutaan (USD 695). Pun dengan pergantian ban (dari 18 inci menjadi 19 inci) yang dibanderol sekitar Rp 11 jutaan (USD 800).

Volvo S60 baru juga memungkinkan pemiliknya untuk memilih bagian interiornya. Ada empat pilihan kulit standar yaitu Amber, Blond, Charcoal, dan Maroon. Bahan trim juga bisa dipilih apakah ingin menggunakan Linear Lime wood atau Drift wood yang lebih ringan.

Nah kalau si pengemudi gemar berpergian jauh, Volvo menyediakan opsi menambahkan kursi yang bisa memijat dan berventilasi yang dihargai Rp 31 jutaan (USD 2.200). Fitur penghangat pun bisa disisipkan (untuk kursi belakang dan stir kemudi) dengan mengeluarkan kocek tambahan senilai Rp 10,5 jutaan (USD 750).



Beberapa vitur baru di Volvo S60 meliputi Sensus Connect infotainment system, Android Auto dan Apple CarPlay, antarmuka layar sentuh bergaya tablet dengan fungsi navigasi, dan aplikasi hiburan dalam mobil. Tak hanya itu, ada fitur Driving Assist termasuk On Road Lane and Run-off-Road Mitigation, Traffic Alert, teknologi rem otomatis, dan Sistem Bantuan kemudi opsional.




(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed