Senin, 25 Jun 2018 09:14 WIB

Perkuat Mental Berkendara, Tes Psikologi SIM Positif

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Uji Psikologi SIM. Foto: Rifkianto Nugroho Uji Psikologi SIM. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Meski sebagian menganggap tidak begitu perlu dilakukan, namun untuk memperkuat mental pengguna jalan tes psikologi untuk mendapatkan SIM dirasa merupakan rencana yang positif.

Sebab tidak dapat dimungkiri, mental berkendara pengemudi di jalanan masih banyak yang perlu diperkuat. Seperti yang disampaikan Ketua Umum AXIC (Aanza Club). Taufik Hidayatullah, masih banyak pengendara di jalanan yang mentalnya masih kurang.



Dalam artian, masih banyak pengguna jalan yang gampang emosi saat berkendara, apalagi jika kondisi jalan macet dan sedang dikejar waktu.

"Kadang kan orang bawa mobil diklaksonin saja sudah kesel. Ya intinya supaya lebih punya behav (behavior/tingkah laku) yang benar lah," ujar Taufik kepada wartawan, di Jakarta.



Menurutnya, tes psikologi untuk mendapatkan SIM merupakan rencana dari kepolisian yang positif. Karena hal tersebut balik lagi kepada antisipasi berbagai macam masalah di jalanan, contohnya mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas.

"Kita sih ambil segi positifnya itu, karena kan sebenarnya bawa mobil nggak sembarang orang, dari segi fisik aja kan harus benar-benar siap bawa mobil, dengan kondisi jalanan yang sekarang ya mungkin jadi pertimbangan juga adanya tes psikologi SIM itu," lanjut Taufik. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed