Rabu, 20 Jun 2018 17:10 WIB

Biar Ramah Lingkungan, Mobil Volvo Ini Pakai Material Daur Ulang

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Volvo XC60 dengan material daur ulang. Foto: Volvo Volvo XC60 dengan material daur ulang. Foto: Volvo
Jakarta - Industri otomotif saat ini dihadapi dengan tantangan lingkungan. Material dan emisi kendaraan itu sendiri berpotensi menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan. Untuk menanggulanginya, pabrikan otomotif diharuskan mencari alternatif demi lebih ramah lingkungan.

Kini, Volvo pun berniat untuk membuat kendaraan dengan material yang lebih ramah lingkungan. Pabrikan asal Swedia itu mengumumkan rencana peluncuran XC60 T8 plug-in hybrid spesial dengan material khusus.



Di interiornya, Volvo XC60 spesial ini menggunakan tunnel transmisi yang terbuat dari bahan serat dan plastik daur ulang yang bersumber dari jaring ikan dan tali nelayan yang dibuang. Selain itu, karpet mobil hadir dengan fiber dari hasil daur ulang botol plastik dan campuran katun dari produsen pakaian. Serat PET juga digunakan untuk jok. Jok bekas dari mobil tua diaplikasikan di bawah kap untuk bahan penyerap suara.

"Volvo Cars berkomitmen untuk meminimalkan dampak lingkungan global," kata Presiden dan CEO Volvo Cars, HÃ¥kan Samuelsson.



Wakil Presiden Senior Global Procurement, Martina Buchhauser, meminta produsen lain untuk mengikuti jejak Volvo. Kata dia, pihaknya sudah menggandeng beberapa pemasok besar yang memiliki pemikiran soal dampak lingkungan.

"Namun, kami perlu meningkatkan ketersediaan plastik daur ulang jika kami ingin mewujudkan ambisi kami. Itulah mengapa kami meminta lebih banyak pemasok dan mitra baru untuk bergabung dengan kami dalam berinvestasi dalam plastik daur ulang dan untuk membantu kami mewujudkan ambisi kami," katanya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed