Rabu, 20 Jun 2018 16:17 WIB

Audi-Hyundai Garap Mobil Hidrogen Bersama

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Mobil hidrogen Hyundai Foto: Pool (Motor1) Mobil hidrogen Hyundai Foto: Pool (Motor1)
Ingolstadt/Seoul - Dua pabrikan beda benua, Audi dan Hyundai bekerja sama mengembangkan mobil hidrogen. Kedua perusahaan berencana saling berbagi paten dalam mobil hidrogen.

Dengan adanya kerja sama ini, Audi dan Hyundai berharap bisa secepatnya memproduksi mobil hidrogen secara efisien.

"Sel bahan bakar merupakan bentuk paling sistematik dari mobilitas elektrik dan merupakan aset potensial dalam portofolio energi kami menuju mobilitas yang bebas emisi di masa depan," ujar anggota dewan Audi bidang teknik Peter Mertens.



"Kami yakin dengan bekerja bersama Audi, kami akan berhasil menunjukkan visi dan keuntungan mobil sel bahan bakar ke masyarakat global," timpal Vice Chairman Hyundai Euisun Chung.

Tak seperti mobil listrik, mobil hidrogen diuntungkan dengan waktu pengisian hidrogen yang singkat dengan daya jelajah yang lebih jauh. Audi sendiri sudah mengembangkan mobil hidrogen selama 20 tahun terakhir.

Mobil tes pertama kali adalah Audi A2H2 pada tahun 2004, kemudian Audi Q5 HFC pada 2008. Tahun 2014 Audi memperlihatkan A7 Sportback h-tron quattro. h-tron menunjukkan penggunaan elemen hidrogen di mobil.



Sementara Hyundai dalam beberapa waktu terakhir sudah mulai memasarkan ix35 berbahan bakar hidrogen. Hyundai memang dikenal sebagai pabrikan pertama yang memproduksi secara massal mobil berbahan bakar hidrogen. Hyundai Tucson ix35 berbahan bakar hidrogen mampu menempuh jarak 2.383 kilometer (km) nonstop selama 24 jam dengan waktu pengisian bahan bakar hanya 3 menit saja.

Penasaran Bagaimana Cara Kerja Mobil Hidrogen?


(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed