Jumat, 15 Jun 2018 18:01 WIB

Ini Jajaran Mobil Made In Russia, Cantik Tidak?

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Motor1 Foto: Motor1
Jakarta - Perhelatan piala dunia FIFA 2018 baru saja dimulai di Russia, dan bakal menyajikan berbagai pertandingan seru. Masih sejalan dengan perayaan piala dunia, sebenarnya ada hal menarik lainnya yang bisa dinikmati di Rusia yaitu mobil-mobil cantik dan paling berkesan yang pernah dibuat disana.

Melansir motor1, Russia memang dikenal sebagai salah satu negara yang mencintai sepak bola. Disamping itu, Russia juga sempat berkibar namanya diranah otomotif roda empat dengan produk-produk keren dan ikonik. Mulai dari GAZ, Lada, sampai Moskvitch. Penasaran? berikut ulasannya.


Pertama, ada mobil klasik yang sering digunakan oleh para pemimpin politik di negara bagian Timur Eropa tahun 1989, GAZ Chaika 13. Bila melihat sepintas, memang tidak salah bahwa mobil sedan konvertibel ini merupakan salah satu kendaraan mewah pada zamannya. Perusahaan pun memutuskan tidak pernah menjual Chaika 13 ke pelanggan biasa. Bagi kaum tanpa jabatan hanya bisa menyewanya saja.

Selain elit politik, Chaika 13 juga pernah digunakan oleh KGB, badan keamanan utama Uni Soviet hingga tahun 1991 dan dua duta besar Soviet di Jerman Timur, Korea Utara, Bulgaria, Hongaria, Mongolia, dan Finlandia. Saking spesialnya, mobil ini bahkan dinilai sangat pantas untuk diberikan ke politisi Kuba yang sekaligus sang revolusioner, Fidel Castro. Uniknya, ternyata platform Chaika mirip dengan Mercedes S Class.

Masih ada kolektor yang menyimpan Chaika 13. Terakhir, di pelelangan mobil laku dengan harga $55,500 atau sekitar Rp 778 jutaan.

Selanjutnya ada mobil ramah lingkungan era 1956-an, GAZ 69. Mobil bergaya militer berpenggerak empat roda ini sudah terjual sampai 600.000 unit sampai akhirnya dimatikan pada tahun 1972. Untuk kemampuannya, mobil bermesin empat silinder tersebut bertenaga 55 daya kuda (41 kW) dan bisa menghembuskan kecepatan maksimum sampai 90 km/jam dan 48 kW. Diantara kolektor mobil, tahun kemarin GAZ 69 diperkirakan dihargai sekitar $10.000 atau Rp 140 jutaan.


Untuk mobil besutan Russia yang laris sepanjang sejarah ada Lada edisi Classic. Mobil besutan 1982 ini terus dikembangkan sampai 2017 kemarin. Di Inggris, ia lebih dikenal dengan Lada Riva sedangkan di Eropa namanya adalah Lada Nova. Lada Classic series sudah dijual diluar Russia seperti Kanada, Ekuador, Perancis, Jerman, Inggris, Kuba, dan banyak lagi.

Russia juga sempat membuat mobil seperti Land Rover yang dinamakan UAZ-469 di tahun 1971. SUV yang bisa melibas segala medan ini bermesin 2.5 liter 4 silinder dengan 71 daya kuda (56 kW) yang didukung oleh transmisi manual 4 percepatan. Cukup jadul memang, tapi UAZ-469 adalah salah satu mobil merk Russia yang menjadi contoh kendaraan gagah berpenggerak roda empat generasi setelahnya seperti Hunter (2010). Model ini juga sempat bertahan sampai 40 tahun di pasar Russia.


ZIL-4102 sampai Moskvitch-2141 (Aleko) menjadi salah satu tipe mobil yang cukup laris pada tahun 1990an. Memang, pada saat itu mobil bermodel seperti ini sangat laris dipasar dunia. Kalau di Jepang, mungkin saingan beratnya adalah Toyota Corolla, ya.

Masih ada banyak mobil buatan Russia yang sempat punya sejarah panjang dan penting, mulai dari prototipe yang tak begitu diminati yakni Lada Tarzan, sampai mobil balapnya ZIL-112 Sport. Mereka adalah Moskvitch 402/403/407, Lada-Porsche 2103 (berbasis Fiat 124 dan penerus Lada Classic series), The laura, LuAZ-969, ZIS 101-Sport, dan Volga GAZ-24. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed