Selain Bandel, Ini Untungnya Punya Mobil Jepang

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 06 Jun 2018 11:10 WIB
Mobil di Nissan Gallery Global Quarters Jepang (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Otolovers pernahkah mendengar kalau mobil-mobil Jepang itu lebih bandel daripada mobil buatan negara lain? Sebagian besar mereka yang memiliki mobil Jepang memang berpendapat demikian.

Namun punya mobil Jepang bukan cuma bandel saja. Ada juga beberapa keuntungan lain. Apa saja ya? Menurut situs JCT Japan, kelebihan mobil Jepang bukan cuma urusan mesin bandel tapi juga soal hemat BBM.

Jepang memiliki catatan bagus dalam memproduksi mobil-mobil hemat BBM. Mobil dengan konsumsi BBM efisien tentunya menjadi satu faktor penting sebelum seseorang membeli mobil. Semua produsen mobil Jepang mengacu pada hal itu sehingga rata-rata mobil Jepang hemat bahan bakar.

Selain itu, mobil Jepang juga tidak rewel alias perawatannya tidak ribet. Perawatan berkala pun tidak banyak hanya beberapa kali saja. Jarang ditemukan mobil Jepang dengan kondisi yang rusak parah.

Bicara soal harga, mobil Jepang biasanya memiliki banderol harga lebih terjangkau daripada buatan Eropa atau Amerika. Seperti diketahui mobil-mobil buatan Eropa memang agak sulit dijangkau semua orang.
Biar harganya murah, produsen mobil Jepang tak begitu saja mengesampingkan fitur keamanan pada mobil. Produsen mobil Jepang justru dikenal nomor satu soal keamanan mobil. Mereka tahu bagaimana mengembangkan teknologi mobil untuk meningkatkan standar keamanan pada mobil.

Sayangnya, mobil-mobil Jepang disebut tak memiliki desain cantik seperti halnya mobil Eropa. Mobil Eropa bisa mengganti model mobilnya dalam kurun waktu 1-2 tahun. Sementara produsen mobil Jepang memilih menggunakan model yang kurang lebih sama untuk waktu yang lama. (dry/ddn)