Sabtu, 02 Jun 2018 10:59 WIB

Mercedes-Benz: Selamat Tinggal Mobil Berisik!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
mobil listrik mercy Foto: Rengga Sancaya mobil listrik mercy Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Mobil-mobil yang suara mesinnya berisik mungkin menjadi kesukaan tersendiri bagi sebagian orang. Tak, sebagian orang lainnya ada yang tidak suka kebisingan. Sebagai gantinya, akan ada mobil yang tidak mengeluarkan polusi suara maupun polusi udara. Itulah mobil listrik.

Beberapa pabrikan otomotif sudah menyiapkan teknologi mobil listrik terbaiknya untuk menawarkan kendaraan yang lebih ramah terhadap lingkungan. Mercedes-Benz, misalnya, yang memiliki mobil EQ sebagai jajaran mobil listriknya.

Mercedes-Benz tentunya tidak diam menyambut era mobil listrik. Kampanye-kampanye soal keuntungan mobil listrik pun dilancarkan. Salah satunya keunggulan soal polusi suara.

Melalui video berdurassi 38 detik, konsep mobil listrik Mercedes EQ terlihat dipacu di sebuah jalan yang sepi. Tapi, di awal video mobil listrik itu seakan mengeluarkan suara mesin seperti suara mobil konvensional. Ternyata itu adalah suara seorang beatboxer andal, Daniel Jovanov alias "Human Car Sounds" yang memberikan suara mesin untuk konsep mobil listrik yang sejatinya tidak memiliki suara.

Di akhir video, Daniel Jovanov turun dari mobil. Dan akhirnya keheningan khas mobil listrik dibuktikan. Benar-benar hening ketika mobil listrik itu berjalan.

"Selamat tinggal kebisingan. Halo (mobil) elektrik," tulis Mercy di akhir video.

Keheningan kendaraan listrik ini memang menjadi sorotan terkait keamanan. Sebab, dengan heningnya mobil listrik, pengguna jalan lain bisa tidak mendengar keberadaan mobil listrik tersebut. Mungkin ke depan dibutuhkan suara buatan untuk mobil listrik agar bisa menginformasikan keberadaannya di jalan raya. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed