Selasa, 29 Mei 2018 05:12 WIB

Laporan dari Filipina

SUV 7 Penumpang Jadi Modal Nissan Terra di Indonesia

Dina Rayanti - detikOto
Nissan Terra Foto: Nissan Nissan Terra Foto: Nissan
Clark, Filipina - Nissan dalam waktu dekat bakalan meluncurkan SUV terbarunya Terra di Indonesia. Terra yang menjalani debutnya di China itu diubah spesifikasinya untuk memenuhi pasar di negara-negara ASEAN.

Di China, SUV bongsor itu hanya memiliki kapasitas lima penumpang saja, sementara untuk ASEAN, Nissan Terra disulap bisa cukup menampung tujuh penumpang.
Mobil juga diklaim memiliki tenaga yang cukup besar, sehingga menjadi modal untuk Nissan Terra agar bisa diminati masyarakat di kawasan Asia Tenggara terlebih di Indonesia.

"Kami sangat senang akhirnya bisa meluncurkan mobil yang kuat ini. Kuat bukan berarti tenaga mobil besar, tapi juga bisa menjadi daya tarik buat konsumen Indonesia. Saya sangat percaya diri dengan mobil ini," ungkap Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Eiichi Koito di kawasan Clark, Filipina seperti dilaporkan wartawan detikcom Dina Rayanti, Selasa (29/5/2018).

Menurut Koito, sapaan akrab Eiichi Koito di Indonesia sendiri merek Nissan sudah cukup melekat dengan model-model SUV yang cukup diminati. Nissan sendiri memang menawarkan beberapa model SUV-nya di Tanah Air seperti X-Trail, Juke, hingga Terrano.

"Sudah banyak SUV yang kita punya dan karakternya sesuai dengan permintaan orang Indonesia kayak ground clearance tinggi dan Nissan Intelligent Mobility di dalamnya. Ini produk yang cukup kuat juga buat di kawasan ASEAN," tutur Koito.

Nissan TerraNissan Terra Foto: Dina Rayanti


New Nissan Terra dilengkapi dengan sasis tangga yang serba guna, diperkuat untuk memberikan ketangguhan mengemudi di medan off-road. Mobil ini juga dilengkapi dengan five-link coil spring rear suspension system serta rigid rear-wheel axle, untuk memastikan kenyamanan berkendara tetap sejalan dengan ketangguhan dan kekuatannya.

Untuk masyarakat Filipina, mesin diesel YD25 yang digunakan menawarkan performa dan pengalaman berkendara yang mulus namun bertenaga, dengan 190 tenaga kuda dan torsi 450 Nm.

Nissan TerraNissan Terra Foto: Dina Rayanti


Kendaraan ini juga memiliki teknologi terdepan untuk berkendara lebih aman dan percaya diri. Inovasi teknologi ini disebut Nissan Intelligent Mobility, meliputi Lane Departure Warning, Blind Spot Warning, dan Intelligent Around View Monitor dengan Moving Object Detection. Nissan Terra adalah SUV pertama dengan Smart Rear View Mirror, yang memberikan pandangan tak terhalang bagi pengemudi melalui kamera yang dipasang di belakang.



Untuk mendukung teknologi keselamatan, kendaraan ini dilengkapi dengan peningkatan kontrol, berupa 4WD-DIFF lock system dan Hill Start Assist. Hill Descent Control membantu mengendalikan kecepatan saat berkendara di kondisi jalan menurun.
Nissan TerraNissan Terra Foto: Nissan

Kendaraan ini ideal untuk kawasan Asia Tenggara karena memiliki ground clearance setinggi 225 milimeter, untuk mengurangi resiko kerusakan dari jalanan berbatu atau tidak rata, maupun ketika berkendara saat banjir.

Spesifikasi utama Nissan Terra yang baru dirilis untuk pasar Filipina:
  • Mesin diesel YD25
  • Tenaga kuda: 190 hp/3.600 rpm
  • Torsi: 450Nm/2.000 rpm
  • Panjang kendaraan: 4.885 mm
  • Lebar kendaraan: 1.865 mm
  • Tinggi kendaraan: 1.835 mm
  • Ground Clearance: 225 mm

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed