Sabtu, 26 Mei 2018 10:17 WIB

Begini Kondisi Mesin Mobil yang Sudah Tempuh 600 Ribu Km

Dina Rayanti - detikOto
Mesin yang Sudah Tempuh 600 ribu km. Foto: Car Throttle Mesin yang Sudah Tempuh 600 ribu km. Foto: Car Throttle
Jakarta - Mobil dengan jarak tempuh 600 ribu km pasti rupanya sudah tak mulus lagi. Dipakai setiap hari, mesin harus terus berputar dan pastinya membuat kondisi mesin juga tak prima.

Pasti yang terbayang adalah mesin kotor, berdebu, berkarat, dan sudah sedikit rusak. Dalam video milik akun Car Throttle, mesin diesel mobil Skoda yang telah memiliki jarak 695 ribu km dibongkar. Jarak tersebut hampir sejauh jarak bumi-bulan bolak-balik.



"Saya prediksi mesin mobil pasti sangat kotor dan banyak oli tersisa di beberapa tempat," kata pemilik bengkel Volks Techniks Adam Luckett dalam video tersebut.

Walaupun mereknya Skoda, mesin itu adalah mesin VW 1.9 L turbo diesel. Saat kap mesin dibuka dan sang pemilik bengkel mulai membongkar kepala silinder beberapa komponen di sekitarnya masih dalam kondisi bagus seperti camshafts dan katup di sekitarnya. Silinder bore-nya saja bahkan tampak seperti baru.



Semua komponen memang masih dalam bentuk aslinya, namun tentu banyak sisa karbon menumpuk dan juga cairan oli bocor merembes ke beberapa komponen membuatnya kotor sesuai dengan prediksi Adam. Meski begitu, mobil juga diprediksi masih bisa terus berjalan tanpa harus mengganti komponen utamanya.

Mobil tampaknya memang dirawat secara berkala oleh pemiliknya dengan cukup baik. Nah Otolovers kalau ingin mesin mobil awet, yang penting rutin membawanya ke bengkel untuk melakukan perawatan mesin. Atau kalau ada sedikit kerusakan pada mesin bisa terdeteksi lebih dini.

[Gambas:Youtube]

(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed