Kamis, 24 Mei 2018 17:05 WIB

Jurus Jitu Korea Utara Biar Jalanan Nggak Macet

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Autotrader.ca Foto: Autotrader.ca
Jakarta - Jalanan kosong melompong mungkin akan menjadi pemandangan umum di Korea Utara. Jarang ada kemacetan di sana. Bahkan 1 mobil bisa bebas berjalan di 10 lajur yang kosong.



Dalam beberapa foto yang tersebar di sosial media, terlihat hampir tidak ada mobil melintas di jalanan-jalanan Korea Utara. Hanya tampak sepeda melintas dan para pekerja di sekitar jalanan.

Di negara Kim Jong Un itu memang kepemilikan mobil dibatasi dan cukup ketat. Tidak semua orang bisa membeli mobil di sana. Hanya orang-orang tertentu saja yang diperbolehkan memiliki mobil. Seperti misalnya dari kalangan pemerintah atau militer.



Selain itu penggunaan BBM juga dibatasi. Pengendara di sana sempat kesulitan untuk mengisi BBM. Hanya diplomat atau dari kalangan organisasi internasional saja yang masih boleh mengantri membeli BBM.

Iklan mobil pun tidak banyak. Dalam catatan Autotrader, iklan hanya ada beberapa saja. Di Ibu Kota Pyongyang misalnya hanya ada satu iklan mobil yang terpampang dipinggir jalan. Ditambah lagi tidak ada mobil yang melintas di depan papan iklan tersebut.



Saking sedikitnya pemilik mobil di sana, bahkan perbandingannya 1 sampai 10 mobil untuk 1.000 orang. Hampir mirip dengan perbandingan orang yang memiliki pesawat jet. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed