Selasa, 22 Mei 2018 16:44 WIB

Ini Beda Selera Mobil Orang Indonesia dan Malaysia

Dina Rayanti - detikOto
Bendera Malaysia (Foto: AFP PHOTO) Bendera Malaysia (Foto: AFP PHOTO)
Kuala Lumpur - Berasal dari satu rumpun, banyak kesamaan yang dimiliki Indonesia dan juga Malaysia. Misalnya saja seperti makanan, pakaian, dan beberapa hal lain.

Tapi kalau bicara soal selera mobil masyarakat Indonesia dan Malaysia ternyata berbeda. Dalam data lansiran Autocar, warga Malaysia lebih menyukai mobil berukuran mungil.


Daihatsu AylaDaihatsu Ayla Foto: Rangga Rahardiansyah

Sepanjang tahun 2017, mobil terlaris di Malaysia adalah Perodua Axia sebanyak 75.564 unit. Sebagai informasi mobil tersebut sama saja dengan Daihatsu Ayla di Indonesia. Padahal, Perodua juga menawarkan mobil MPV yang disapa Alza. Perodua atau kalau di Indonesia adalah Daihatsu juga menjadi merek terlaris di sana.

Menelusuri berbagai forum di situs Malaysia, mereka lebih memilih mobil berukuran mungil karena mudah untuk mencari parkir dan bermanuver ketimbang mobil dengan ukuran yang cukup besar. Digunakan untuk kepentingan sehari-hari, mobil mungil dinilai lebih cocok. Sementara mobil bongsor berjenis SUV dianggap cocok untuk pergi jarak jauh saja.

Hal ini tertentu berbeda dengan di Tanah Air. Orang-orang Indonesia lebih memilih mobil jenis MPV agar memuat lebih banyak orang dan juga bisa digunakan untuk berbagai kepentingan. Dalam data yang sama, Avanza terjual sebanyak 116.311 unit.

Baru-baru ini saja mobil jenis Low SUV mulai diminati sebagian masyarakat Indonesia. Dan beberapa pabrikan juga mulai melirik untuk meluncurkan mobilnya di segmen tersebut. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed