Kamis, 17 Mei 2018 10:17 WIB

Sampai April 2018 Sigra jadi Andalan Daihatsu

Ruly Kurniawan - detikOto
Daihatsu Sigra. Foto: Rengga Sancaya Daihatsu Sigra. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Jelang bulan Ramadan, Daihatsu kembali mencatat penjualan yang cemerlang. Periode Januari sampai April 2018 tercatat 64.880 unit mobil Daihatsu terjual secara retail di mana angka ini naik 10% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Sementara pada sisi wholesales (penjualan dari pabrik ke diler) penjualan Daihatsu mencapai 70.476 unit atau naik 8% dari tahun sebelumnya dengan kontribusi Daihatsu Sigra sampai 25%.

Berdasarkan data yang diperoleh detikOto, secara umum penjualan Daihatsu sepanjang tahun ini didominasi oleh Daihatsu Sigra, Gran Max Pick Up (GM PU), dan Daihatsu Xenia.



Lebih detail, pada penjualan secara retail (penjualan dari diler ke konsumen) Sigra tercatat 15.983 unit telah dibeli oleh warga Indonesia. Angka tersebut jika dikalkulasi mencapai 25 persen dari angka penjualan Daihatsu secara keseluruhan sehingga Sigra disebut sebagai kendaraan idola di Daihatsu. Selanjutnya Gran Max Pick Up tercatat sudah laku 13.538 unit atau 21 persen dari total penjualan Daihatsu, disusul oleh Xenia yang hanya sebesar 11.047 unit atau 17 persen.

Terios masih menjadi kendaraan favorit Daihatsu nomor empat tepat di bawah Xenia dengan torehan kontribusi sebesar 15 persen atau 9.518 unit yang disusul oleh Ayla di 12 persen atau 8.040 unit. Sisanya ada Gran Max Mini Bus (MB), Luxio, Sirion, Hi-Max, dan Copen.

Pada sisi wholesales, lagi-lagi Sigra berada di urutan teratas dengan torehan 17.419 unit atau setara dengan 25 persen dibanding total penjualan keseluruhannya. GM PU pun tetap bertengger sebagai kendaraan Daihatsu nomor dua paling laris dengan angka 15.446 unit atau setara dengan 22 persen, disusul oleh Xenia yang bisa menyumbang 16 persen atau 11.558 unit.



Selanjutnya, Daihatsu Ayla di empat bulan awal 2018 bisa terjual sebanyak 10.557 unit atau 15 persen dari total penjualan di wholesales, disusul oleh Daihatsu Terios di 13 persen atau 9.003 unit. MB menjadi penutup kontribusi terbesar Daihatsu dengan angka 7 persen yang disusul langsung oleh Luxio, Sirion, Hi-Max, dan Copen.

"Terima kasih atas kepercayaan masyarakat dengan Daihatsu. Semoga pencapaian ini dapat terus memotivasi kami untuk dapat memberikan produk maupun pelayanan purnajual terbaik," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di siaran persnya. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed