Kamis, 17 Mei 2018 08:11 WIB

Selain Xpander, Mobil Ini Juga Pernah Salip Avanza

Dina Rayanti - detikOto
Toyota Calya. Foto: Dadan Kuswaraharja Toyota Calya. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Mitsubishi Xpander, bukanlah satu-satunya mobil yang bisa menggeser Toyota Avanza dari posisi puncak. Sebelum Xpander, ada adik dari Avanza Toyota Calya yang juga pernah mencicipi posisi mobil terlaris di Tanah Air.

Calya yang lahir bersamaan dengan kembarannya Daihatsu Sigra pada bulan Agustus 2016, langsung menempati posisi puncak sebulan setelahnya.


Berdasarkan data distribusi wholesales (dari pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) saat itu Calya terkirim sebanyak 9.241 unit sementara Avanza di bawahnya dengan 9.123 unit.

Avanza sendiri telah merajai penjualan mobil di Tanah Air sejak lahir tahun 2003. Semenjak itu belum ada mobil yang bisa menggeser Avanza.


Hampir dua tahun setelahnya, Avanza harus kembali rela kehilangan tahta mobil terlaris. Avanza digeser sang pendatang baru Xpander. Tak langsung merebut kejayaan tersebut, Xpander butur waktu lima bulan.

Xpander mulai menjadi raja mobil di Indonesia sejak bulan Februari 2018. Sepanjang bulan Januari hingga April 2018 Xpander telah terjual sebanyak 29.069 unit sementara Avanza 28.330 unit.

Kalau menurut Otolovers, apakah Xpander sanggup mengganti posisi Avanza yang telah menjadi mobil terlaris belasan tahun?


Mitsubishi Xpander, primadona pesaing Avanza cs:

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed