Rabu, 16 Mei 2018 18:16 WIB

Servis Mobil Sebelum Dibawa Lebaran Bukan Kewajiban, Tapi...

Ruly Kurniawan - detikOto
Bengkel Daihatsu Foto: Rangga Rahadiansyah Bengkel Daihatsu Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Sudah hal umum bahwa menjelang puasa pemilik kendaraan akan berbondong-bondong ke bengkel langganan atau terdekat. Tujuannya adalah mempersiapkan kendaraan seoptimal mungkin, agar ketika dibawa untuk jalan-jalan ketika lebaran atau mudik tidak ada hal vatal yang terjadi. Dilain sisi, ada juga ternyata beberapa orang yang tidak sempat melakukan servis kendaraannya karena lalai atau belum sempat.



Lantas seberapa penting kah servis kendaraan sebelum menjelang lebaran? Dalam hal ini, Adi Aprilliana selaku teknisi Tunas Daihatsu mengatakan sebenarnya tidak melakukan servis sebelum lebaran tidak mengapa. Namun harus diperhatikan tanggal terakhir dilakukan servis.

"Tidak apa tidak dilakukan servis asal gak lebih dari enam bulan terakhir dari servis berkala sebelumnya. Ketentuannya adalah enam bulan atau 10.000 km kedepan gimana yang tercapai lebih dahulu. Kalau sudah seperti itu harus di servis dan kira-kira," katanya saat berbincang bersama detikOto lewat sambungan telepon, Jakarta, Rabu (16/5/2018).



Untuk pergantian oli mobil sendiri, diperhatikan pula apakah jarak tempuh yang sudah dilalui kendaraan melewati batas atau belum.

"Kalau oli kekentalannya dari 5/30 kebawah itu untuk jangka 10 ribu kilo. Tapi kalau olinya 5/30 keatas itu hanya 5.000 kilo saja jarak tempuhnya atau 6 bulan pemakaian. Nah kalau salah satunya sudah hampir lewat ya harus ke bengkel agar diganti," ujar Adi.



Namun ini adalah kondisi mendesak. Karena alangkah baiknya untuk dilakukan servis sebelum kendaraan digunakan untuk jarak menengah sampai jauh di hari libur panjang nanti. Agar, tidak ada kendala yang mengganggu sehingga liburan menjadi menyenangkan. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed