Ini Rahasia di Balik Mobil Wuling Agar Tidak Cacat Saat Keluar Pabrik

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 09 Mei 2018 17:42 WIB
Pabrik Mobil Wuling di Cikarang. Foto: Dok. Wuling Motors Indonesia
Cikarang - Wuling menjamin setiap mobilnya yang keluar dari pabrik bebas dari cacat produksi bahkan untuk lecet pada mobil sekalipun.

Saat detikOto berkunjung ke pabrik Wuling di Cikarang, Senior Director Manufacturing Wuling Motors Indonesia Arif Pramadana menyampaikan setiap mobil Wuling sangat diperhatikan betul saat proses pembuatan.



Tak mempekerjakan sembarang orang, Wuling mengklaim agar mobil bisa sempurna mereka menempatkan pekerja dengan kemampuan khusus agar bisa mengetahui ada lecet sedikitpun di mobil Wuling.

"Setelah dirakit body dilihat dibersihin dulu semua supaya nggak ada defect, ngeceknya manual mata sama tangan jadi kebanyakan yang disini highly skill bisa lihat defect dengan bantuan lampu," jelas Senior Director Manufacturing Wuling Motors Indonesia Arif Pramadana di pabrik Wuling, Cikarang, Jawa Barat, Rabu (9/8/2018).

"Kalau lihat defect mereka benerin semua. Nanti dikasih chemical supaya kelihatan, kalau nggak terlatih nggak terlihat tapi kalau mereka bisa lihat," sambungnya.



Usainya, mobil pun ditutup dengan sebuah lapisan agar tidak cacat. Karena kata Arif, debu sedikit saja bisa membuat kecacatan pada mobil, khususnya cat.

Pabrik Wuling di Cikarang ini bisa memproduksi sekitar 120.000 unit setiap tahunnya. Angka ini belum seberapa kalau dibandingkan di negara asalnya. Wuling di China bisa memproduksi 240.000 unit mobil per tahun.

Di pabrik ini setiap jamnya ada 15 unit mobil diproduksi. Namun bisa dimaksimalkan hingga 25 unit per jamnya. (dry/rgr)