Rabu, 09 Mei 2018 07:34 WIB

Soal Harga Mobil Jepang Kemahalan, Mitsubishi Enggan Komentar

Dina Rayanti - detikOto
Logo Mitsubishi di pelek mobil (Foto: Ari Saputra) Logo Mitsubishi di pelek mobil (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Beberapa produsen mobil Jepang sempat mendapat kritikan terkait harga jual mobil yang terlampau mahal. Hal tersebut disampaikan oleh produsen mobil asal China PT Sokonindo Automobile (Sokon) yang baru mengenalkan SUV Glory 580 pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) April lalu.

Mitsubishi sebagai salah satu produsen Jepang yang menjual mobilnya di Indonesia enggan menanggapi hal tersebut.

"No comment," kata Head of Sales and Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Imam Choeru Cahya di Jakarta.

Namun menurut Imam, soal harga mobil sendiri banyak faktor penentunya. Mulai dari harga komoditas, nilai tukar dolar terhadap rupiah serta beberapa faktor lain. Tentunya harga tersebut sudah dipertimbangkan secara matang oleh para produsen mobil sebelum menjual mobilnya di sini.

Sebelumnya Toyota sebagai penguasa pasar mobil di Indonesia memastikan, seluruh kendaraan rakitannya sudah sesuai dengan harga yang diberikan.

"Saya tidak bisa komentar strategi merek lain. Kalau kita sih merasa apa yang kita deliver, package produk kita, termasuk harganya sudah diperhatikan sehingga tetap berada di value for money untuk warga Indonesia. Yah, sudah sesuai lah harganya," ujar Vice President Director TAM Henry Tanoto kepada wartawan di Jakarta.

Di kesempatan itu pula, Henry memberikan tanggapan kepada banyak pernyataan dari pihak luar yang mengatakan bahwa fitur mobil Toyota minim namun harganya mahal. Ia hanya menegaskan mobil-mobil Toyota sudah sesuai dengan kantong masyarakat Indonesia.




Sokon sendiri hadir di Tanah Air dengan harga jual yang lebih murah daripada pabrikan Jepang lainnya. "Sudah terlalu lama konsumen di Indonesia beli mobil yang (harganya) terlalu tinggi," ungkap CO-CEO Sokon, Alexander Barus.



Mobil SUV Glory 580 telah dirakit lokal di pabriknya yang berlokasi di Cikande, Serang. Mobil dibanderol mulai Rp 220 juta hingga Rp 350 juta.

Bukan hanya itu, Sokon juga menghadirkan garansi super hingga tujuh tahun atau setara 150.000 kilometer. Dengan kata lain, Sokon dengan Glory 580-nya menjadi produsen yang pertama menghadirkan super warranty di pasar mobil Indonesia. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed