Selasa, 08 Mei 2018 21:41 WIB

Ada Rasa Jerman di Balik Mobil Mewah Putin

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Mobil dinas ini pertama kali muncul dalam pelantikan Putin di Moskow. Foto: Reuters Mobil dinas ini pertama kali muncul dalam pelantikan Putin di Moskow. Foto: Reuters
Moskow - Presiden Rusia Vladimir Putin memiliki tunggangan baru yang super keren. Mobil itu dibuat dan didesain di Rusia. Tapi meski demikian tetap ada rasa Jerman di baliknya.

Mengutip pemberitaan dari Sputnik dan Reuters, Selasa (8/5/2018), mobil yang didesain oleh pusat riset otomotif dan mesin Rusia (NAMI) di Moskow menggunakan mesin buatan Porsche.



Porsche menyediakan salah satu dari 2 mesin yang tersedia untuk proyek mobil dinas Vladimir Putin, Kortezh. Mesin itu kabarnya merupakan mesin 4,6 liter V8 turbocharged yang menghasilkan tenaga sampai 600 hp dan torsi 650 ft-lb. Mesin kedua disediakan oleh NAMI yang lebih besar yakni 6,6 liter untuk menghasilkan tenaga sampai 860 daya kuda dan torsi 737 ft-lb of torque.

Mobil ini menggantikan mobil Mercedes-Benz S-Class model lamaMobil ini menggantikan mobil Mercedes-Benz S-Class model lama Foto: Reuters


Selain dengan Porsche, NAMI juga bekerja sama dengan Bosch untuk mengembangkan kendaraan lain selain limosin untuk Putin. Proyek Kortezh memang bukan hanya untuk membuat mobil limosin Putin tapi juga model mobil lain untuk pejabat pemerintah. Begitu masuk ke pasaran Rusia, mobil itu akan menggunakan nama Aurus atau emas dalam bahasa Indonesia.


Mobil dinas ini pertama kali muncul dalam pelantikan Putin di Moskow. Foto: ReutersMobil dinas ini pertama kali muncul dalam pelantikan Putin di Moskow. Foto: Reuters Foto: Reuters


Setelah Putin, para pengawalnya yang tergabung dalam The Federal Security Service akan mendapatkan 14 kendaraan untuk pengetesan. Kortezh atau Cortege akan menjadi platform bagi berbagai model. Selain limosin bakal ada juga mobil sedan, crossover, dan minivan. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed