SUV China Disambut Hangat, Apa Kata Produsen Jepang?

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Sabtu, 05 Mei 2018 13:35 WIB
Wuling Cortez Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Pasar otomotif roda empat Indonesia semakin bergairah, setelah Wuling, produsen China lainnya yakni Sokon turut serta meramaikan pasar mobil tanah air. Bahkan produk dari Sokon, DFSK Glory 580 langsung menyabet gelar SUV terbaik di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 lalu.



Namun meski demikian, salah satu produsen yang juga kuat di segmen SUV yakni Mitsubishi, tidak merasa risih dengan hadirnya produsen asal negeri tirai bambu itu, sekali pun Glory 580 jadi mobil yang banyak dicicipi oleh pengunjung saat pagelaran IIMS 2018 lalu.

Deputy Group Head of Planning and Communication Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Intan Vidiasari, mengatakan, soal banyaknya pengunjung yang menjajal SUV asal China buatan Cikande itu sudah biasa, dan belum cukup kuat untuk membuktikannya di pasar ke depannya.



"Pastinya test drive dilakukan untuk membandingkan 'rasanya' dengan produk yang selama ini sudah mereka kenal. Produk baru pasti banyak yang test drive kalo dibandingkan produk yang sudah ada lama," ujarnya saat dihubungi detikOto.

Selain itu, menurutnya, wajar rasanya jika produk baru banyak dilirik oleh orang-orang, karena itu merupakan hal baru yang belum pernah dilihat sebelumnya.



"Pastinya produk baru yang lebih segar bisa menarik perhatian apalagi dengan fitur2-fiutr yang makin lengkap disematkan di kendaraan," tutur Intan.

Di luar itu, lebih lanjut Intan mengatakan, meski persaingan makin ketat, namun konsumen diuntungkan dalam hal ini, karena makin beragam pilihan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

"Soal masuknya merek-merek baru di Indonesia itu akan menjadikan kompetisi semakin berwarna ya. Dan konsumen di Indonesia pasti menjadi punya lebih banyak lagi pilihan," lanjutnya.

Intan juga menyebut, SUV terbaru dari keluarga Pajero yang juga meluncur di IIMS 2018 yakni Pajero Rockford mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Terbukti dari unit yang terjual.

"Mitsubishi juga luncurkan Pajero Sport Limited Edition Rockford Fosgate di IIMS kemarin yang cuma ada 1000 unit, dimana hampir 400 unit saja sudah terpesan di IIMS," sebutnya. (khi/lth)