Mobil China yang Terinspirasi dari 4 Negara

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Rabu, 02 Mei 2018 10:16 WIB
Bagian dalam mobil Sokon. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Produsen asal China PT Sokonindo Automobile (sokon) siap untuk bersaing dengan produsen roda empat lainnya di Indonesia, dan sudah membangun pabrik di Cikande, Serang. Namun di global, ternyata setiap produk Sokon dikembangkan dari empat negara.

Seperti yang disampailan Marketing Director Sokon, Franz Wang, dalam sambutannya saat makan malam dengan beberapa awak media nasional, SUV-nya Glory 580 memang lahir di China, namun untuk pengembangannya, ada beberapa negara yang menjadi basis pengembangannya.


Keempat negara tersebut adalah China, Jepang, Amerika Serikat (AS), serta Jerman.

"Sejauh ini kita punya platform di AS , Jerman, Jepang, dan China. Pada dasarnya kita punya di empat negara tersebut," ujar Franz, di Jakarta.

Dalam pembagiannya, AS sendiri dijadikan Sokon sebagai pusat pengembangan produk kendaraan listrik produsen asal negeri tirai bambu tersebut.

"AS adalah pusat R&D kita untuk proyek kendaraan listrik dan teknologi baru, dan desain untuk produk DFSK," kata Franz.

Selanjutnya Jerman, menjadi pusat desain produk-produk yang akan diluncurkan oleh Sokon. "Kalau kalian menyadari kami membawa kepala desain kami orang Jerman yang tadinya bekerja untuk Mercedes-Benz dan sekarang bergabung dengan kita," tutur Franz.


Sedangkan Jepang merupakan tempat pengembangan baterai untuk kendaraan listrik Sokon. "Dan China sebagai pusat perusahaan dan sebagai R&D," lanjut Franz.

Untuk itu kata Franza, konsumen tidak perlu khawatir dan ragu dengan produk yang diluncurkan oleh Sokon. Meski Glory 580 yang diluncurkan merupakan hasil pengembangan dan diproduksi di Indonesia, untuk kualitasnya tidak berbeda dengan Glory 580 di negara lain.

"Kita membawa produk kami dengan rasa dan kualitas terbaik," tutupnya. (khi/dry)