Senin, 02 Apr 2018 08:21 WIB

Saat 7 Mobil Super Bermain di Kubangan Lumpur

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Desain Nissan GT-R versi offroad Foto: Budget Direct Desain Nissan GT-R versi offroad Foto: Budget Direct
Jakarta - Mendengar istilah mobil offroad pasti yang terlintas dalam pikiran mobil yang digunakan bertubuh macho dan sporty, contohnya seperti SUV. Tidak mungkin supercar diajak bermain kotor-kotoran di lumpur. Atau bisakah?

Lantas apa jadinya yah kalau supercar seperti Ferrari cs dibuat untuk main off road? Ini dia Otolovers, desain kreatif supercar yang digunakan untuk mobil offroad seperti detikOto kutip dari Budget Direct.

1. Ferrari 488

Produsen supercar asal Italia ini memang diperkirakan ingin meluncurkan model SUV meski tidak jelas kapan kepastiannya. Kami belum tahu seperti apa desainnya tapi jika mobil Ferrari dipakai offroad, kami punya ide bagaimana tampilannya nanti.

Menggunakan warna mobil khas Ferrari yakni merah, Ferrari 488 yang dikreasikan sebagai SUV ini pasti akan membuat pencinta mobil tergila-gila.

Bagian bemper dan fender mobil sudah diganti menjadi khusus mobil offroad, begitu pula dengan ban yang lebih besar serta lebih menyeramkan untuk diajak berkubang di lumpur.

Ferrari 488 ala offroadFerrari 488 ala offroad Foto: Budget Direct

Oh iya, Ferrari beberapa hari lalu baru merilis mobil 488 terbaru yang dinamakan 488 Pista. Mesin mobil baru ini mengadopsi sejumlah solusi dari 488 Challenge (mobil 488 yang biasa dipakai balapan) dan tenaganya telah ditingkatkan menjadi 720 cv. Selain itu bobotnya juga lebih
ringan, berkat titanium con-rods dan plenum serat karbon. Sistem pendinginan radiator terbalik juga berasal dari 488 Challenge dengan radiator
menghadap ke belakang (bukan menghadap ke depan seperti pada 488 GTB) untuk menjaga suhu mesin dan mempertahankan tingkat kinerja optimal bahkan pada situasi tekanan panas tinggi.


Ferrari 488 Pista dapat menghasilkan tenaga 720 cv pada putaran 8.000 rpm, menghasilkan tenaga tertinggi di kelasnya pada 185 cv/l, dan torsi yang lebih tinggi pada tiap tingkat putaran mesin, puncaknya mencapai 770 Nm (10 Nm lebih dari 488 GT).

Sebuah evolusi ekstrim dari mesin turbo yang telah banyak meraih penghargaan International seperti Engine of the Year tahun 2016 dan 2017, menjadikannya sebagai mesin V8 paling bertenaga dalam sejarah Ferrari. Mobil bahkan sudah diajak pebalap Valentino Rossi berlari di sirkuit.

[Gambas:Video 20detik]



2. Porsche 911 GT2 RS 2017



Desain offroad dari Porsche 911 GT2 RS ini terinspirasi dari mobil Porsche 911 di kehidupan nyata. Tepatnya mobil reli yang diciptakan untuk menaklukkan East African Safari Rally pada tahun 1978.

Offroad Porsche 911 GT2 RSOffroad Porsche 911 GT2 RS Foto: Budget Direct


Mobil memiliki fitur seperti suspensi yang sudah ditinggikan, lampu headlight ekstra ban offroad, dan roll cage untuk memberikan keselamatan pada pengendaranya.

Hal ini menyebabkan 911 GT2 RS menjadi supercar 911 paling dahsyat di kubangan lumpur.

3. Bugatti Chiron

Bugatti Chiron merupakan salah satu supercar yang diperhitungkan beberapa tahun ini. Salah satu modelnya yakni Chiron Sport, sanggup nikung dalam kecepatan 200 km/jam dengan stabil. Ketika diuji di Nardo test track, Chiron Sport mampu melibas tikungan dengan stabil pada kecepatan 200 km/jam (124 mil/jam). Mobil diperlihatkan di pameran Geneva Motor Show beberapa waktu lalu.



Berkat performanya yang gila itu, Chiron juga dimiliki selebriti dunia seperti misalnya Cristiano Ronaldo. Namun sepertinya kemampuan off-road juga bisa dimiliki oleh Bugatti Chiron. Otolovers bisa bayangin tidak kalau Bugatti Chiron dengan mesin yang super itu dibuat dengan desain seperti ini untuk off-road.


Buggati Chiron buat offroadBuggati Chiron buat offroad Foto: Budget Direct

Tidak ada yang meragukan kecepatan Chiron, namun dalam desain mobil offroad ini, mobil jadi ditingkatkan kemampuan offroadnya. Mobil senilai USD 2,7 juta itu dipreteli partsnya dan digabungkan lagi sehingga menciptakan monster offroad. Asyik dibawa ngebut di pantai kan?

4. Dodge Challenger SRT Demon


Mobil monster terakhir dari Dodge adalah Challenger SRT Demon. Mobil keluar dari pabrik dengan bodi kit yang lebar, suspensi adaptif yang disediakan khusus untuk ngebut di track lurus dan mesin gahar 6.2-liter V8 yang menghasilkan tenaga 808 hp.

Jadi kemampuan mobil main drag pasti lebih dari rata-rata, tapi bagaimana jadinya jika muscle car ini diajak ke daerah baru yang berbatu atau berlumpur? Desainnya mungkin seperti ini.

Dodge Challenger SRT DemonDodge Challenger SRT Demon Foto: Budget Direct


Dengan otot bodi yang khas, pada gambar desain ini, Dodge Challanger SRT Demon terihat sangat cocok dibuat off-road.

5. Tesla 2020 Roadster

Saat ini supercar tidak hanya tersedia dengan mesin bahan bakar minyak saja, supercar berpenggerak listrik seperti Tesla Roadster juga ada. Tahun lalu, Tesla memperlihatkan prototype Roadster yang akan mulai dipasarkan tahun 2020.



Tesla mengklaim supercarnya itu bakal menjadi supercar dengan akselerasi tercepat. Dari 0-60 mil per jam hanya butuh 1,9 detik dan memiliki daya jelajah 1.000 km sekali ngecas.


Tesla bahkan sudah mengajak mobil keliling luar angkas beserta pengemudinya 'Starman' sebuah boneka penjelajah luar angkasa. Mobil berhasil meluncur ke luar angkasa menyusul kesuksesan uji coba peluncuran Falcon Heavy, sebuah roket terkuat saat ini. .

Desain Tesla Roadster offroadDesain Tesla Roadster offroad Foto: Budget Direct


Karena sudah tidak masalah lagi dengan daya jelajah yang bisa mencapai 1.000 km tadi, maka apa salahnya jika mobil diajak bermain ke lumpur. Kira-kira apa kata Elon Musk desain offroad dari roadster ini ya?

6. Jaguar F-Type

Sebelum membahas versi offroadnya, kami ingin mengulas sedikit soal F-Type. Mobil sport andalan produsen mobil Inggris ini baru mendapatkan perubahan minor di tahun 2017 lalu. Perubahan minor Jaguar F-Type ini akan terlihat pada model bumper dengan garis yang lebih jelas. Serta bakal terselip lampu LED yang membuat mobil ini kian mewah.

Perubahan juga dilakukan pada bagian interior. Mobil yang bakal lebih ringan hingga 8 kg ini, akan dapat sentuhan krom, bahan material dari serat karbon, aluminium trim serta sentuhan mewah kulit Siena Tan.

Kemewahan juga terlihat pada sistem new infotainment, dengan layar sentuh 8 inci yang bisa dihubungkan dengan sistem smartphone. Sehingga bisa memberi informasi update soal kemacetan, cuaca dan lainnya.



Sedangkan untuk varian terbaru Jaguar F-Tye R Dynamic akan menjadi model terbaru yang akan menggantikan peran F-Type S. Namun bisa dipastikan Jaguar F-Type S ini masih akan menggendong mesin bertenaga 335-375 daya kuda, dengan penggerak roda belakang dan pilihan all wheel drive.

Selanjutnya untuk pilihan mesin Jaguar F-Type facelift masih akan menggendong mesin V6 berkapasitas 3.0 liter, yang mampu menyemburkan 395 tenaga kuda. Dan akan memiliki transmisi otomatis Quickshift 8 percepatan. Hanya pilihan offroad saja yang belum disediakan oleh Jaguar.

Jaguar F-Type OffroadJaguar F-Type Offroad Foto: Budget Direct

Nah lalu bagaimana kalau mobil dibuat jadi mobil offroad? Desain ini menjawab pertanyaan tadi. Salah satu supercar yang membuat mata yang melihat tidak ingin berpaling ini sudah cukup sempurna.


7. Nissan GTR

Tak sah rasanya membahas supercar namun melewatkan mobil super asal Jepang ini, Nissan GT-R. Mobil yang disapa Godzilla ini pertama kali mengaspal di jalanan dunia pada 2007.



Mobil diperkuat dengan mesin 3.8-liter twin-turbo V6 yang dikombinasikan dengan transmisi kopling ganda 6 percepatan otomatis. Model 2017 merupakan model generasi ketujuh yang sanggup memproduksi 565 daya kuda pada 6.800 RPM.

Nissan GT-R sudah hafal dengan berbagai trek balapan di dunia, namun kami ingin melihat bagaimana jika GT-R melahap track berlumpur dan berbatu? Desain mobil di bawah ini adalah jawabannya.


Nissan GT-RNissan GT-R Foto: Budget Direct



Sebagai penutup, popularitas mobil SUV di dunia terus naik, bahkan mobil terbaik dunia tahun ini adalah sebuah SUV tepatnya Volvo XC60. Kesuksesan mobil di reli akan menjadi pencapain terbaik produsen mobil yang juga bisa menjadi bahan iklan untuk menggaet konsumen baru.

Kami sudah tidak sabar melihat merek-merek di atas untuk mengambil tantangan baru dan mengirim mobil-mobil offroad ke reli Dakar. (khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed