Jumat, 30 Mar 2018 16:16 WIB

Beli Mobil Semudah Beli Minuman Kaleng

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Vending machine raksasa untuk membeli mobil di China (Foto: Alibaba) Vending machine raksasa untuk membeli mobil di China (Foto: Alibaba)
Guangzhou - Beli mobil akan semudah beli minuman kaleng di vending machine. E-commerce asal China, Alibaba Group dan pabrikan mobil asal Amerika, Ford telah meluncurkan mesin penjual otomatis (vending machine) di selatan kota Guangzhou, China.

Diberitakan CNBC, mesin itu hadir dengan bangunan lima lantai. Mesin tersebut mampu menampung 42 unit mobil dari berbagai model, termasuk Ford Explorer dan Mustang.



Alibaba mengatakan, pengguna Tmall, platform belanja online Alibaba, dengan skor kredit bagus dapat membeli mobil dari vending machine tanpa bantuan manusia. Membeli mobil di vanding machine ini cuma butuh waktu kurang dari 10 menit.

Pengguna cukup memilih mobil dari aplikasi Taobao milik Alibaba, kemudian pindai wajah di aplikasi itu, dan ketika tiba di vanding machine, sistem akan memverifikasi identitas pembeli sebelum mobil dikirim.



"Setelah mobil Ford dipilih, konsumen cukup selfie untuk memastikan bahwa hanya dialah orang yang dapat mengambil mobil. Kemudian konsumen meletakkan deposit secara elektronik dan menjadwalkan waktu pengambilan, semua dari dalam aplikasi," kata Gu Wanguo, General Manager Kendaraan di Tmall Auto. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed