Ini Sedan Toyota Yaris atau Mazda2?

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 29 Mar 2018 22:57 WIB
Scion iA yang berganti nama menjadi Toyota Yaris Sedan Foto: Toyota
Plano, Texas - Setelah tiga tahun dikenalkan dengan nama Scion IA, Toyota akhirnya memboyong mobil tersebut ke negeri Paman Sam Amerika Serikat. Tapi namanya sudah berganti, bukan Scion IA lagi melainkan Yaris Sedan untuk pasar Amerika.

Kalau diperhatikan sekilas terutama di bagian depan, Yaris Sedan ini mirip dengan hatchback Mazda2. Benar saja karena Yaris Sedan ini hanya tampilannya saja Toyota, sementara dalamnya masih tetap Mazda2. Hanya saja Toyota memolesnya dengan tampilan eksterior yang sedikit berubah.

Baca Juga: Toyota Bikin Sedan dari Mazda2

Bisa dilihat pada bagian grille depan yang mirip dengan sarang lebah. Lampu depan juga sedikit mirip. Toyota juga menyematkan sentuhan warna krom dan juga warna hitam yang mengelilinginya.

Ada tiga varian Yaris Sedan yang ditawarkan yakni Yaris L, Yaris LE, dan varian tertinggi Yaris XLE.



Semua varian akan dibekali oleh sistem hiburan lewat layar sentuh berukuran 7 inchi, low-speed automated front emergency braking, cruise control, power mirrors dan windonws, serta kursi yang bisa dilipat dengan perbandingan 60:40.

Tampilan lampu depan tampak lebih ramping dari model yang pernah dipamerkan sebelumnya. Peleknya kini berukuran 16 inchi disertai dengan sentuhan warna seperti besi baja.

Bicara soal mesin tak ada yang berubah. Sama seperti Mazda2 sebelumnya menggunakan Skyactiv 1.5 L yang bisa menghasilkan tenaga 106 daya kuda dan torsi 139 Nm. Mesin dikawinkan dengan transmisi manual dan otomatis enam percepatan.

Setiap Yaris Sedan ini akan dilengkapi dengan fitur Active Safety System that includes Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), Brake Assist (BA), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), Anti-Lock Brake System (ABS) and a Brake Over-Ride System (BOS).

6 Airbag dan tyre pressure monitoring system menjadi standar fitur yang pasti ada di dalam setiap varian Yaris Sedan.



(dry/ddn)