Selasa, 27 Mar 2018 17:17 WIB

Dari Kijang Sampai Macan, Mobil Ini Pakai Nama Hewan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Dari Kijang Sampai Macan, Mobil Ini Pakai Nama Hewan Foto: Porsche Dari Kijang Sampai Macan, Mobil Ini Pakai Nama Hewan Foto: Porsche
Jakarta - Pabrikan mobil punya pilihan tersendiri dalam memberi nama mobil-mobilnya. Nama mobil kerap diambil dari nama seseorang, nama tempat, atau benda.

Namun, tak cuma itu. nama-nama mobil banyak juga yang terinspirasi dari nama hewan. Hewan serangga, hingga hewan buas digunakan untuk nama mobilnya.

Ford MustangFord Mustang Foto: Pool (Carscoops)


Nyatanya, banyak juga nama mobil yang pakai nama hewan. Nama hewan yang dipakai itu pun mewakili karakter mobilnya. Misalnya, nama Ford Mustang yang diambil dari nama kuda mustang. Kuda mustang yang berasal dari Amerika Utara menjadi hewan yang tangguh dan bisa berlari cukup cepat. Tentu karakter kuda mustang juga tercetak di mobil Ford Mustang.

Apa saja mobil-mobil yang pakai nama hewan? Pertama ada Toyota Kijang.

Toyota Kijang Innova Toyota Kijang Innova Foto: Rangga Rahadiansyah


Kijang dipakai untuk nama mobil legendaris dari Toyota. Sampai sekarang, nama itu masih digunakan untuk mobil Toyota Kijang Innova.

Tak cuma hewan kijang, bahkan hewan buaya pun dikenal luas oleh masyarakat untuk nama mobil Toyota tersebut. Kijang generasi pertama dikenal dengan nama Kijang Buaya. Nama buaya diambil karena bentuk kap mesin yang unik, ketika dibuka kap mesin menganga seperti buaya yang membuka mulutnya.

Lalu ada hewan Panther. Nama itu kemudian digunakan di mobil Isuzu, untuk Isuzu Panther.

Isuzu PantherIsuzu Panther Foto: pool


Selain itu, nama kuda juga dipakai untuk mobil Mitsubishi. Mitsubishi Kuda menjadi pesaing dari Toyota Kijang dan Isuzu Panther. Kebetulan, ketiga mobil itu pakai nama hewan.

Daihatsu juga menggunakan nama hewan untuk mobilnya. Hewan belang-belang, zebra, menjadi inspirasi Daihatsu dalam menamakan mobil Daihatsu Zebra.

Hewan reptil yang masih ada di Indonesia, komodo, menjadi nama mobil juga. Ialah produsen mobil nasional yang berbasis di Cimahi yang menggunakan nama hewan itu untuk merek mobilnya. Merek mobil nasional itu adalah Fin Komodo yang kebanyakan dipakai untuk area offroad (bukan jalan raya).

Fin KomodoFin Komodo Foto: Rangga Rahadiansyah


Untuk mobil global, Porsche mengambil nama hewan berbahasa Indonesia, macan. Hewan buas tersebut menjadi inspirasi pabrikan asal Jerman itu dalam memberi nama SUV andalannya, Porsche Macan. Nama Porsche Macan ini agak unik, meski diambil dari bahasa Indonesia, kebanyakan orang luar negeri menyebutnya dengan ucapan 'Makan' (huruf c dibaca k oleh orang luar negeri).

Porsche MacanPorsche Macan Foto: Porsche


Selanjutnya ada Volkswagen Beetle atau di Indonesia dikenal dengan nama VW Kodok. Nama 'Beetle' diambil dari nama serangga, kumbang atau dalam bahasa Inggris disebut beetle.

Volkswagen BeetleVolkswagen Beetle Foto: Pool (Leftlanenews)
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed