Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 27 Maret 2018, 16:46 WIB

Mayoritas Warga Indonesia Mau Beli Mobil Secara Online

Ruly Kurniawan - detikOto
Mayoritas Warga Indonesia Mau Beli Mobil Secara Online Ilustrasi pembelian mobil. Foto: dok detikOto
Jakarta - Melalui penelitian terbaru dari Google bersama dengan TNS (periode 2017), 63 persen warga Indonesia rupanya mau membeli mobil secara online (meningkat dibandingkan tahun 2016, yakni hanya 49 persen). Alasannya, kini seluruh informasi sangat mudah diakses termasuk untuk mendapatkan hal yang diperlukan pada mobil baru atau yang ingin dibeli.

"Delapan lebih warga Indonesia dari 10 orang (85 persen) setuju bahwa ia terhubung ke internet sebelum memutuskan untuk membeli mobil. Sedangkan yang menonton video sebelum membeli mobil (terkait review dan lainnya) mencapai 59%. Lalu, 63% warga Indonesia juga mau membelinya secara online," papar Yudistira Adi Nugroho, Industry Analyst Google Indonesia di helatan Press Briefing: Drive to Decide, Jakarta, Selasa (27/3/2018).



Menanggapi hal tersebut, pihak PT Toyota Astra Motor (TAM) akan merespons dengan baik. Berbincang bersama beberapa wartawan, Executive General Manager Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto mengatakan bahwa memang fenomena tersebut telah menjadi perhatiannya sendiri.

"Kita sudah studi dari tahun 2000-an dan memang terdapat perubahan tren di customer kita. Tren ini bukan muncul lalu menghilang, dia makin menguat. Identifikasinya orang-orang semakin tidak bisa lepas dari handphone. Itu salah satunya. Sehingga kita harus masuk digital initiative di market, jadi konsumen bisa memperoleh informasi terkait mobil kita," katanya.



"Itu ada kemungkinan, akan kejadian (membeli mobil secara online). Tapi tidak langsung ke Toyota, tapi diler. Maka diler harus sudah punya metodenya sendiri. Tapi memang ada touch point yang bakal terhilangkan. Nah nanti ini tergantung konsumen bisa terima atau tidak," ucap Soerjo. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed