Dijamin Naksir, Mobil Bekas Rp 60 Jutaan

ADVERTISEMENT

Mobil Bekas

Dijamin Naksir, Mobil Bekas Rp 60 Jutaan

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Rabu, 21 Mar 2018 12:23 WIB
Suzuki Karimun Kotak (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Jakarta - Ingin beli mobil dengan kocek maksimal Rp 80 jutaan? Ada beberapa pilihan di pasaran, salah satunya mobil kotak yang satu ini. Ya Suzuki Karimun kotak alias Karko.

Mengutip beberapa penjual mobil bekas, harga Karko tahun 2005-2006 tipe harga jualnya masih cukup bagus, sekitar Rp 60 jutaan. Paling mahal mencapai sekitar Rp 80 juta dengan kondisi yang cukup oke.

"Saya suka mobil ini karena lapang banget bagian belakangnya, kalau bawa mobil ke luar kota, kursi belakangnya suka saya rebahin, biar anak-anak bisa tidur, saya bawa deh tuh bantal beruang kesukaannya, pada tidur deh," ujar Puji, seorang sopir driver online yang melego Karimun Kotaknya dengan Karimun model baru yakni Karimun Wagon R beberapa waktu lalu. Dia mengaku masih bisa menjual Karimun kotaknya seharga Rp 75 jutaan.

Meski dari luar terlihat kecil, mobil ini memang cukup lapang, bisa menampung 5 orang. Mobil yang pertama kali muncul di Indonesia sekitar tahun 2000-an ini memiliki die hard fans yang cukup banyak di Indonesia, jumlahnya ribuan. Jadi kalau sampai ada masalah, anda bisa bertanya-tanya pada suhu-suhu pengguna Karimun Kotak ini.



Karena menggunakan mesin 1.000 cc dan bertransmisi manual, Karimun pastinya cukup irit BBM, angkanya sekitar 1:12, meski pastinya tergantung kaki Anda. Biaya servisnya juga tergolong ramah di kantong.

Untuk kekurangan, mobil ini hanya memiliki masalah pada saat menyalakan AC. "Mesin mobil seperti ndut-ndutan, dan sangat terasa sekali ketika lalu lintas tengah macet," tutur Mila seorang pengguna.

Harap maklum, Karimun ini ber-cc kecil, jadi ketika menyalakan AC, tenaga mesin agak terkuras untuk menyalakan kompressor. Beda dengan mesin ber-cc besar, karena tenaga mesinnya sudah besar, tidak begitu berpengaruh begitu pendingin udara dinyalakan.



Cara mengatasinya adalah mengganti pulley AC standar Karimun dengan pulley yang sudah dimodifikasi ukurannya menjadi lebih kecil, sehingga saat kompresor bekerja on off, gejala tersebut sudah tidak begitu terasa.

Modifikasi tersebut juga membuat tenaga Karimun jadi naik seperti tidak memakai AC dan jelas lebih irit bahan bakar, AC pun tidak terlalu pengaruh, tetap adem dan sejuk. Anda bisa mengganti pulley di bengkel kepercayaan Anda. (ddn/ddn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT