Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 17 Maret 2018, 11:40 WIB

Belajar dari Kecelakaan Emen, Jangan Asal Percaya Sopir Tembak

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Belajar dari Kecelakaan Emen, Jangan Asal Percaya Sopir Tembak Minibus Travel Kecelakaan di Tanjakan Emen. Foto: Dian Firmansyah
Jakarta - Sebuah minibus travel terlibat kecelakaan tunggal di Tanjakan Emen, Subang, beberapa hari lalu. Pengemudinya bukan sopir asli melainkan sopir tembak.

Belajar dari kecelakaan ini, ada baiknya jangan asal percaya sopir tembak. Sopir tembak terkadang tidak mengetahui secara pasti karakter kendaraan yang dibawanya dan karakter jalan yang dilaluinya.



"Kendaraan hadir dengan beberapa tipe mulai dari mobil kecil hingga menengah dan besar, tentunya karakter pun akan berbeda mulai dari dimensi, radius putar kendaraan hingga besaran lingkar kemudi. Tentunya di sini penggunaan pun sedikit banyak ada perbedaan," kata Instruktur Safety Driving di Rifat Drive Labs, Andry Berlianto, kepada detikOto.

Idealnya, kata Andry, pengemudi punya pengetahuan yang cukup sebelum memutuskan mengemudi. Dan sebaiknya, sopir juga sudah mempelajari karakter mobil.

"Jika sama-sama mobil kecil tapi berbeda tentunya tak banyak perbedaan, tapi jika sudah menyangkut dimensi kendaraan yang besar jelas akan berbeda pula penangannya," kata Andry.



Kapolres Subang AKBP M Joni mengatakan, sopir tersebut tidak biasa membawa minibus yang kecelakaan ini. Sehari-harinya, Arif hanya biasa membawa mobil kecil jenis Carry atau mobil boks.

"Gampangnya, kenali dulu kendaraan yang akan kita kemudikan beserta karakter dan penanganannya," ucap Andry. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed