Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 16 Maret 2018, 19:19 WIB

Bahaya Asal Pakai Jasa Sopir Tembak

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Bahaya Asal Pakai Jasa Sopir Tembak Minibus Travel Kecelakaan di Tanjakan Emen. Foto: Dian Firmansyah
Jakarta - Kecelakaan kembali terjadi di Tanjakan Emen, Subang, Jawa Barat belum lama ini. Sebuah minibus travel terlibat kecelakaan tunggal, diduga karena kelalaian sopir.

Kapolres Subang AKBP M Joni menyebut sopir bernama Arif Fahrurozi itu adalah sopir tembak. Instruktur Safety Driving di Rifat Drive Labs, Andry Berlianto, mengatakan tidak aman jika transportasi umum dikendarai oleh sopir tembak.

"Jelas tidak aman karena istilah 'tembak'-nya itu berarti cabutan dan tidak resmi, pertanggungjawabannya pun minim," kata Andry kepada detikOto, belum lama ini.



Sopir pengganti memang kerap dibutuhkan ketika sopir utamanya terlalu lelah. Namun, Andry menyatakan, yang paling aman adalah gunakan sopir pendamping resmi.

"Gunakan sopir pendamping resmi (bukan kernet) yang memang secara profesi adalah pengemudi," kata Andry.

Sebelumnya, minibus yang kecelakaan di Tanjakan Emen membawa 15 orang penumpang. Saat melaju ke arah Subang, mobil mengalami kecelakaan tunggal. Ada tujuh orang yang mengalami luka berat.



Joni mengatakan sopir tersebut tidak biasa membawa minibus. Sehari-harinya, Arif hanya biasa membawa mobil kecil jenis Carry atau mobil boks.

"Dia juga baru pertama kali lewat daerah situ," kata Joni.



Untuk itu, Andry mengatakan, untuk sopir yang baru pertama kali membawa mobil yang belum pernah dikendarainya, sebaiknya pengemudi mempelajari terlebih dahulu karakter mobil. Pahami juga kontur jalan yang dilalui. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed