Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 15 Maret 2018, 18:02 WIB

Daihatsu Sodorkan Terios Ganjal Xpander

Ruly Kurniawan - detikOto
Daihatsu Sodorkan Terios Ganjal Xpander Foto: Pool (Daihatsu)
Tangerang -

[Gambas:Video 20detik]

Tidak perlu menunggu lama, Mitsubishi Xpander mulai menyalip sang raja MPV, Toyota Avanza. Dalam hal penjualan di Februari 2018, mobil keluarga dari tiga berlian tinggalkan Avanza dengan selisih 627 unit.

Daihatsu yang memproduksi si kembar Avanza dan Xenia tidak memiliki strategi khusus untuk menghadapi Xpander. Namun Daihatsu justru lebih menjagokan Terios.



"Kami saat ini belum melakukan sesuatu untuk melawan Xpander, tidak ada. Kita hanya keluarkan Terios saja," kata Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra kepada wartawan di kawasan BSD, Tangerang, Kamis (15/3/2018).

"Xpander memang patut dikagumi karena mendapat respons yang luar biasa. Tapi karena sasaran pasarnya berbeda, jadi Xenia tidak terlalu berpengaruh. Jadi saya rasa lawannya adalah Terios karena kan dari segmen harganya mirip. Itu yang kita jadikan counter untuk Xpander. Kita tidak apa-apakan Xenia," lanjutnya.



Hal yang sama pun berlaku untuk MPV asal China, Wuling. "Dengan Wuling juga kita tidak kena, jadi tidak turun," kata Amelia.

Melirik data distribusi wholesales (dari pabrik ke diler) milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada Februari 2018 kemarin Xenia harus rela bertengger di posisi ke-11. Ia hanya laku sebanyak 2.529 unit. Dalam kata lain, punya selisih hampir 5.000 unit dibanding Xpander (7.400 unit).

Infografis Terios Infografis Terios Foto: Mindra Purnomo


Sirion

Sementara itu untuk city car Sirion, yang baru resmi meluncur di Jakarta pada 13 Februari 2018, sekitar 100 unit sudah siap dikirim secepatnya ke garasi konsumen.

"Kita target SPK 150 unit untuk Sirion baru. Sekarang mobil baru masuk seratusan dan akan dikirim. Di diler masih ada generasi lamanya, 5 unit kalau tidak salah," papar Amelia.

"Memang sih pasar city car itu tidak sebesar MPV, tapi kita lihat masih ada peminatnya di sana," tambahnya.

Model yang di impor dari Perodua, Malaysia ini dijual dua varian, dengan banderolan Rp 182,5 juta versi manual, dan Rp 193,5 juta untuk transmisi otomatis. Kini, mobil baru dipasok sekitar 30 sampai 40an. "Kita targetkan ini bisa mencapai 200 unit ya penjualannya. Bulan pertama target kita bisa kirim 150 unit," tambah Amelia.

All New Sirion generasi ketiga ini hadir dengan tampilan yang lebih stylish serta dibekali fitur keamanan dan kenyamanan yang lebih lengkap. Tampilan stylish All New Sirion dapat terlihat dengan adanya LED headlamp, 15 inch polished alloy wheel, dan LED rear combi lamp.

Dibekali mesin 1NR-VE 1.3 L DOHC Dual VVT-i, performa sirion diklaim lebih bertenaga namun tetap irit BBM. Berbagai fitur juga tersemat seperti key free system dan tombol start/stop disertai immobilizer dan Digital AC untuk memudahkan mengatur suhu kabin.

Ada juga 2-Din Touch Screen Audio dilengkapi dengan Parking Camera ditambah Audio dan phone handsfree steering switch.

Sementara untuk keselamatan si pengendara dan penumpang, Daihatsu melengkapi All New Sirion dengan fitur Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Front and Side Airbag di empat titik, Isofix, dan Seat Belt Reminder.

Lima warna baru ditawarkan Daihatsu pada Sirion yaitu Lava Red, Icy White, Mystical Purple, Glittering Silver, dan Peppermint Green. Ada dua varian Sirion untuk pasar Indonesia yaitu tipe manual dan matik.

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed