Senin, 05 Mar 2018 08:11 WIB

Ini Alasan Jimmy Kepincut Mobil Bekas Bung Karno

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Jimmy Syamsudin menjadi kolektor mobil kuno yang beruntung memiliki mobil dinas bekas Presiden Indonesia pertama, Sukarno. Dari awal, Jimmy sudah lama menginginkan mobil dinas terakhir Bung Karno itu.

"Ini Cadillac Fleetwood Series 75 Limousine tahun 1964. Dan ini juga mobil kenegaraan Bung Karno terakhir yang dia pakai," cerita Jimmy sang kolektor mobil kuno saat ditemui detikOto di garasinya di Bintaro, Tangerang Selatan.

Dia memang mengidolakan sosok Sang Proklamator itu. Sosok Bung Karno yang berwibawa, berkarisma dan disegani dunia menjadi nilai plus bagi Jimmy.

"Lihat aja sendiri gayanya, karismanya luar biasa, wibawanya. Karismanya terlalu tinggi. Memang presiden disegani di dunia," ucap Jimmy.

Itulah mengapa dia sangat menginginkan mobil bekas Bung Karno. Di garasinya, ada dua mobil bekas Sukarno. Namun yang paling disukainya adalah Cadillac Fleetwood Series 75 Limousine karena menjadi mobil dinas terakhir Bung Karno.



"Saya malah maunya punya semua mobil Bung Karno," kata dia.

Selain itu, ketertarikan Jimmy terhadap mobil ini juga karena kemewahannya. Cadillac memang terkenal sebagai mobil mewah yang sangat berkelas.

"Dan ini Presidential Series, dibikin khusus untuk kepala negara. Tahun 1971 mobil ditinggal di istana setelah itu tahun 1975 dilelang dan didapat Pak Probosutedjo," cerita Jimmy.

Jimmy merupakan pemilik mobil ini yang keempat setelah dilelang. Pertama mobil ini dimiliki Probosutedjo, lalu berlabuh ke seorang pengusahan di Solo, dan sempat dikoleksi Marsekal Madya (Purn) Suprihadi.



Ketika mobil ini dikoleksi oleh Suprihadi, Jimmy sempat bermain ke rumah purnawirawan TNI AU itu. Seminggu setelah bertandang ke kediaman Suprihadi, Jimmy ditawarkan untuk mengoleksi mobil kuno ini.

"Nggak tahu kenapa seminggu setelah saya ke rumahnya (Suprihadi) itu tiba-tiba beliau telepon saya pagi-pagi nawarin mobilnya. Ya saya bilang mau dong. Langsung saya ke rumahnya pagi-pagi. Itu kan berarti jodoh. Padahal yang mau mobil ini juga banyak," kata Jimmy. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com