Senin, 05 Mar 2018 07:09 WIB

Mobil Dinas Terakhir Bung Karno Ada di Tangan Kolektor Ini

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Cadillac Fleetwood Series 75 Limousine yang pernah dipakai Bung Karno (Foto: Rangga Rahadiansyah)
Jakarta - Jimmy Syamsudin jadi orang yang beruntung. Di garasinya, terparkir sebuah limousine mewah pada zamannya, Cadillac Fleetwood Series 75 Limousine. Tak sekadar mewah, limo itu juga bersejarah.

Jimmy mengaku sudah lama ingin mengoleksi mobil yang pernah dipakai Sang Plokamator, Sukarno. Pemilik mobil bekas Presiden Indonesia pertama itu setelah dilelang oleh Kantor Sekretariat Negara adalah Probosutedjo. Jimmy merupakan pemilik mobil keempat setelah dilelang.

Baca juga: 13 Mobil Sukarno Reunian

"Zamannya masih dipegang Pak Probosutedjo saya sudah tahu. Tapi mungkin saya pikir udah dipegang Pak Probo nggak akan lepas kan. Tahu-tahu dari Pak Probo, mobil ini lepas ke orang Solo, seorang pengusaha sekitar 3-4 tahun. Setelah itu mobil ini diambil sama Pak Marsekal Madya (Purn) Suprihadi. Di Pak Suprihadi mobil ini ada setahunan," cerita Jimmy saat ditemui detikOto di garasinya di Bintaro, Tangerang Selatan.

Jimmy di mobil SukarnoJimmy di mobil Sukarno Foto: Rangga Rahadiansyah


Ketika mobil ini dikoleksi oleh Suprihadi, Jimmy sempat bermain ke rumah purnawirawan TNI AU itu. Seminggu setelah bertandang ke kediaman Suprihadi, Jimmy ditawarkan untuk mengoleksi mobil kuno ini.



"Nggak tahu kenapa seminggu setelah saya ke rumahnya (Suprihadi) itu tiba-tiba beliau telepon saya pagi-pagi nawarin mobilnya. Ya saya bilang mau dong. Langsung saya ke rumahnya pagi-pagi. Itu kan berarti jodoh. Padahal yang mau mobil ini juga banyak," kata Jimmy.

Alhasil, Cadillac Fleetwood Series 75 Limousine yang menjadi mobil dinas terakhir Sang Proklamator itu pun jatuh ke tangan Jimmy. Dia juga tidak mengerti mengapa Suprihadi rela melepas mobil terakhir Bung Karno ini ke Jimmy.

"Tapi saya pikir mobil ini mungkin punya nyawa, bisa tahu siapa yang bisa ngerawat atau nggak," kata Jimmy diiringi tawa. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com