Senin, 26 Feb 2018 07:00 WIB

Percepat Mobil Listrik, Akademisi Harus Gandeng Industri

Usman Hadi - detikOto
Menteri ESDM Ignasius Jonan Foto: Usman Hadi Menteri ESDM Ignasius Jonan Foto: Usman Hadi
Yogyakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mengatakan pihaknya mendorong penuh pengembangan mobil listrik nasional. Semua elemen masyarakat disebutnya mendukung proyek tersebut.

"Begini, sebenarnya kita semua itu menginginkan adanya pengembangan mobil listrik nasional," kata Jonan kepada wartawan di Gedung Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, akhir pekan lalu.

Untuk merealisasikan pengembangan mobil listrik, lanjut Johan, pihaknya mendorong berbagai perguruan tinggi termasuk universitas ikut andil. Agar pengembangan mobil listrik nasional lekas terealisasi.

"Makanya saya juga mendorong ke ITS, ke UGM dan ke yang lain-lain itu kalau bisa (mobil listrik) dibuat di Indonesia. Ini saya dorong," ungkapnya.

Untuk merealisasikannya, kata Johan, pihak kampus bisa bekerjasama dengan pihak industri. Sebab, tanpa ada sokongan dari industri, maka kampus akan kesulitan dalam mengembangkan mobil listrik.

"Tolong ini teman-teman yang di dunia akademis bekerjasama dengan industri. Tidak bisa dunia akademis bangun (mobil listrik) sendiri besar-besaran," jelasnya.

Menurutnya, kerjasama antara pihak universitas dengan pihak industri sangat mungkin dilakukan. Bila terjalin kerjasama di antara keduanya, bukan tidak mungkin pengembang mobil listrik akan cepat terealisasi. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed