Rabu, 21 Feb 2018 13:15 WIB

Ini Kiat Toyota Agar Yaris Bisa Diterima Pasar

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]

Soal mobil hatchback, Toyota mungkin harus mengakui dulu keunggulan Honda dengan Jazz-nya. Namun dengan adanya model baru Toyota berharap Toyota Yaris bisa lebih diterima pasar.

Setidaknya ada dua kiat utama Toyota agar Yarisnya diterima pasar, pertama dari sisi produk, dengan membuat Yaris yang lebih canggih dan aman.

"Ya kalau kita kan fokus pada target customer kita, jadi kalau bisa disampaikan kan target customer kita kan yang jiwanya sporty, jadi dalam satu hal kita coba, dalam produk kita ini ya kita semoga apa yang sudah kita coba improve dari masalah fun to drive jadi kayak paddle shift, kemudian juga ada power mode dan lain-lain," ujar Wakil Presiden PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, kepada wartawan, di Jakarta.

"Desain juga sangat sporty dengan yang sebelumnya, semoga ini sesuai dengan apa yang diharapkan pelanggan-pelanggan di segmen ini. Itu satu," tambahnya.

Lalu kiat kedua adalah perluasan jaringan pelayanan untuk para pelanggannya yang dirasa masih belum maksimal. "Kita sekarang sudah ada 317 outlet kita akan tambah lagi, sampai ke level kabupaten maupun kota-kota yang tier 2. Nah harapannya ini bisa mendekatkan diri kita ke pelanggan, memberikan kemudahan ke pelanggan, sehingga akhirnya pelanggan bisa dilayani secara maksimal oleh kita, jadi itu dan layana-layanan lainnya," tutur Henry.

Namun dengan dua strategi Toyota seperti yang dijelaskan Henry, Toyota yakin bisa menarik pasar hatchback lebih banyak. Toyota sendiri tidak muluk-muluk menargetkan penjualan Toyota Yaris anyarnya, yakni 1.200 per bulan.

"Jadi itu adalah key strateginya kita, sehingga kita merasa apa yang kita harapkan yang coba kita berikan ke pelanggan kita, bisa benar-baner sesuai dengan kebutuhan mereka," lanjut Henry.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), terhitung pada 2016, 2017, dan 2018, secara wholesales (penjualan dari diler ke pabrik) Toyota Yaris memang masih tertinggal oleh Honda Jazz.

Pada 2016 Toyota Yaris terjual hanya 15.369 unit selama satu tahun, berselisih sekitar 2.741 unit dibanding Honda Jazz yang terjual 18.110 unit. Juga pada jumlah wholesales 2017, Toyota Yaris makin tertinggal jauh dengan hanya menjual 10.750 unit Yaris-nya, berselisih hingga 5.350 unit dengan Honda yang berhasil menjual Jazz-nya hingga 16.100 unit.

Untuk menarik minat masyarakat, Toyota melakukan perubahan besar di bagian eksterior dan interior Yaris. Eksteriornya dibuat lebih sporty dengan tampilan depan yang mengalir dari front grille, menyatu dengan lampu utama hingga buritan.

Lampu DRL (Daytime-Running Lights) yang menyatu apik dengan grille menjadikan tampilan semakin berkarakter, ditambah dengan black piano lower grille. Khusus pada New Yaris TRD Sportivo, aura racing dan sporty diperkuat dengan red lining accent pada bumper spoiler dan sekaligus menjadi special signature pada grade teratas ini.

Tema desain floating roof pada New Yaris semakin menonjol dengan melakukan perubahan pada area pilar belakang. Untuk tipe TRD Sportivo, dilengkapi TRD sticker dan TRD side skirt, juga menggunakan outer mirror berwarna hitam sehingga terlihat lebih menyatu dengan jendela.

New Yaris menggunakan pelek 16 inci alloy dengan two-tone machining agar selaras dengan desain eksterior secara keseluruhan. Semua grade New Yaris dilengkapi dengan shark fin antenna, agar lebih aerodinamis sekaligus untuk memperkuat aura stylish dan modern pada mobil New Yaris ini.

Pada bagian belakang, desain lampu yang berlapis dan tipis dengan alur horizontal memberikan efek lebar pada tampilan New Yaris. Desainnya dibuat seolah menyatu dengan pintu belakang. Kesan sporty terlihat kian menonjol pada New Yaris TRD Sportivo karena kini dilengkapi dengan rear-roof spoiler dan diffuser dengan desain bernuansa racing.

Perubahan besar juga dilakukan pada bagian interior yang hadir dengan complete features, antara lain pada dashboard yang dirancang lebih menarik dan menciptakan kesan lebih lapang. Bagian tengah menonjol kedepan dengan desain lebih menantang seperti gelombang selancar (surf wave). Penggunaan warna silver pada beberapa ornamen interior menjadikan suasana kabin New Yaris terasa lebih modern, seperti pada konsol bagian depan, speaker, register knob, dan pengatur AC.

Interior New Yaris didukung oleh Entertainment System yang terdiri dari HD Display, DVD, Radio FM/AM, USB, AUX, Bluetooth (audio dan phone). Khusus untuk tipe G dan TRD Sportivo, dilengkapi dengan iPod ready, miracast, weblink, internet connectivity serta multitasking window dan remote apps melalui smartphone.

New Yaris mempertahankan mesin 2NR-FE yang memiliki power maksimum 107 ps dan torsi 14,3 kgm. Untuk Fun to Drive yang lebih, pada New Yaris TRD Sportivo, pengaturan berkendara dilengkapi pilihan SPORT / ECO Mode. Saat ingin berkendara secara efisien, pengendara dapat mengaktifkan eco mode. Sementara untuk mendapatkan sensasi sporty, dapat menggunakan sport mode. Bahkan untuk semakin menambah sensasi sporty, New Yaris TRD Sportivo CVT dilengkapi dengan paddle shift yang dapat membantu pengemudi merasakan pergantian gigi bagai seorang pembalap.

New Yaris hadir dengan Top Class Safety untuk menambah keamanan bagi seluruh penumpang melalui; 7 SRS Airbag, Vehicle Stability Control (VSC), Hill-Start Assist (HSA), Seatbelt Warning untuk pengemudi dan penumpang depan, Emergency Brake Signal (TRD Sportivo Grade), 3-point seatbelt for all passengers, Whiplash Injury Lessening, Anti-lock Breaking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Harga new Yaris dijual mulai Rp Rp 235 juta sampai Rp 275,9 juta.

Berikut harga lengkap Yaris model 2018:

  • Toyota Yaris TRD Sportivo CVT Rp 275,9 juta
  • Toyota Yaris TRD Sportivo MT Rp 264,1 juta
  • Toyota Yaris G CVT Rp 254,7 juta
  • Toyota Yaris G MT Rp 243,7 juta
  • Toyota Yaris E CVT Rp 247,2 juta
  • Toyota Yaris E MT Rp 235,4 juta







(khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed