Senin, 19 Feb 2018 18:33 WIB

Suzuki Siap Produksi Mobil Standar Euro4 untuk Indonesia

Ruly Kurniawan - detikOto
Suzuki Siap Produksi Mobil Standar Euro 4 untuk Indonesia Foto: Ruly Kurniawan
Cikarang - Meski masih menjual mobil berstandar Euro2 di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) pastikan sudah siap produksi kendaraan roda empat dengan standar Euro4. Namun hal ini belum dilaksanakan, karena masih menunggu kesiapan dan ketentuan peraturan dari pemerintah.

"Di Indonesia masih Euro2. Tapi untuk ekspor, Suzuki Ertiga yang sudah dikirim ke beberapa negara sudah standar Euro4. Jadi, kalau ditanya mengenai kesiapan kami produksi Euro4, kami siap," papar Ryohei Uchiki, General Manager Strategic Planning Department PT Suzuki Indomobil Motor di Cikarang, Jawa Barat, Senin (19/2/2018).

Melalui pabrik ke-4 Suzuki yang diresmikan pada 2015 lalu ini, Suzuki Indonesia mengatakan sudah mengekspor Suzuki Ertiga ke-25 Euro4 benua mulai dari Asia, Oceania, Amerika Selatan, hingga Karibia. Untuk dapat memasarkannya ke luar Indonesia, tentu mobil tersebut telah mengikuti regulasi dari negara tersebut, salah satunya dalam hal gas buang.

Sehingga Suzuki pastikan hanya tinggal menunggu keputusan dan regulasi pemerintah Indonesia, agar bisa memproduksi mobil standar Euro4 untuk Indonesia.

"Pabrik Cikarang ini telah mengekspor Ertiga ke-25 negara dalam bentuh utuh atau CBU (Completely Built Up) sebanyak 12.196 unit pada 2017. Negara tujuan ekspor diantaranya Asia, Oceania, Amerika Selatan, dan Karibia," ucap Uchiki.

"Untuk Indonesia (memproduksi mobil standar Euro4-Red), kita siap. Tinggal tunggu beberapa regulasi saja di sini (Indonesia)," tambahnya (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com