Kamis, 08 Feb 2018 07:24 WIB

Mengintip Proses Pembuatan Xpander di Pabrik Bekasi

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: Mitsubishi Foto: Mitsubishi
Bekasi - Jagoan Mitsubishi di segmen Low MPV yakni Xpander diproduksi lokal di pabrik yang terletak di Kawasan Industri GIIC, Kota Deltamas, Blok CH No. 1, Cikarang Pusat, Bekasi-Jawa Barat.

Seperti mobil lainnya, ada empat tahap umum proses pembuatan Xpander. Proses pertama dilakukan di stamping (pencetakan) shop. Di area ini 100 persen pengerjaan menggunakan robot.

"Ada empat proses di sini menggunakan mesin 2.000 ton untuk pertama, lalu untuk proses kedua sampai keempat pakai mesin 1.000 ton. Ada enam robot untuk transformasi," ujar Engineering Stamping PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), Eka Priyono, di pabrik MMKI, Rabu (7/2/2018).

Pembuatan bodiPembuatan bodi Foto: Mitsubishi


Kelar proses pencetakan, Xpander masuk ke welding shop. Pada area ini dilengkapi dengan Automatic Guide Vehicle (AGV) untuk mentransfer komponen. Selain itu 40 persen pengerjaan di area ini menggunakan robot."Di sini main line-nya Xpander, body unit bagian kiri, kanan, atap, dan lantai," kata Eka saat plant tour media.

Mengintip Proses Pembuatan Xpander di Pabrik BekasiFoto: Mitsubishi


"Ada juga inspection room, disitu mobil di cek lagi kalau ada penyok keliatan di situ," tambahnya.

Proses selanjutnya Xpander masuk ke area assembly shop. Cukup banyak proses perakitan Xpander yang dikerjakan pada area ini.

Mengintip Proses Pembuatan Xpander di Pabrik BekasiFoto: Mitsubishi


"Di sini ada strim line dan final line, lalu ada instalasi ban mobil, lalu ada door off, door off itu jadi ada bagian mobil yang dicopot untuk memasukkan aksesoris interior mobil agar lebih mudah," tutur Eka.

"Kemudian setelah door off ada door on, setelah pemasangan interior selesai dipasang lagi bagian yang dicopot tadi," tambahnya.

Selain itu di area ini setiap komponen-komponen kecil diletakkan di sebuah rak yang dinamakan kit supply system. Tujuannya, agar tidak ada kesalahan pengambilan yang akan berakibat salah pemasangan.

"Pemasangan pintu samping depan dan belakang juga dilakukan di sini. Cairan-cairan juga dikerjakan di sini, seperti cairan AC, rem, oli, dan lainnya," lanjut Eka.

Mengintip Proses Pembuatan Xpander di Pabrik BekasiFoto: Mitsubishi


Setelah semua selesai dipasang di area assembly shop, sebelum masuk ke tahap painting, dilakukan inspeksi ulang, diperiksa ulang semua bagian sudah terpasang.

"Line inspection namanya, di sini juga ada uji ulang rem, lampu, uji kebocoran," ungkap Eka.

Sayangnya detikOto dan awak media lainnya tidak melihat area paint shop. Di mana pengecatan Xpander dilakukan di area tersebut.

"Karena waktunya terbatas, dan kalau mau ke paint shop harus memakai peralatan-peralatan khusus tambahan lainnya jadi sayang sekali kita tidak ke sana," pungkas Eka. (khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed