Senin, 05 Feb 2018 17:37 WIB

d'Happening detikcom

Keliling 28 Negara, Berapa Kali Fortuner Teddy Servis ke Bengkel?

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]

Banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum kita berpergian jauh. Apalagi perginya dengan mengendarai mobil. Bukan hanya kondisi badan saja harus bugar, melainkan kondisi mobil juga.

Seperti Toyota Fortuner yang dikendarai oleh Teddy Unggul Wicaksono mengelilingi 28 negara di benua Asia dan juga Eropa. Sebelum dikendarai sejauh 60.000 km, Teddy melakukan servis untuk memastikan mobilnya dalam kondisi baik.

"Jadi ini kebetulan mobil sehari-hari, tahun 2011 kita hanya pergi ke Auto2000 disini servis biasa, diganti juga transmisi sama ada kita ganti brake padnya. Terus kita ganti ban, kita pakai ban buatan Indonesia kita pakai merek-merek Indonesia itu saja," ungkap Teddy saat menceritakan perjalanannya kepada detikOto di rumahnya.

Bukan hanya membawa mobil ke bengkel saja. Teddy juga menyiapkan beberapa suku cadang agar jika terjadi sesuatu dengan mobilnya di tengah jalan ia bisa menggantinya sendiri.

"Saya itu sebenarnya udah antisipasi, kita bawa brakepad (sepatu rem) dua set, terus bawa busi, bensin, koilnya juga, bawa fanbelt sama timing belt tapi nggak ada yang dipakai termasuk lampu bohlam nggak ada yang putus," tuturnya.

Selama perjalanan, Teddy juga menyempatkan untuk mampir ke bengkel di beberapa negara. Menurutnya, tak ada komponen penting yang diganti selama delapan bulan perjalanannya itu.

"Jadi kita tiap servis itu baik di Shenyang, Moscow, Budapest, Tbilisi, Chengdu itu mereka kagum. Bayangin kita nggak pernah ganti busi selama jalan 60.000 km dan akinya juga," jelas Teddy.

"Aki itu kan kalau 60.000 kira-kira 3 tahun lah ya kalau per tahunnya 20.000, itu brake pad nggak ganti, busi yang udah lama jalan di cuaca panas atau salju sekalipun dan ban kita nggak pernah juga. Ban serep masih baru 100 persen," sambungnya lagi.

Tarif pengecekan di bengkel pun menurutnya tidak jauh beda dengan bengkel di Indonesia, sekitar Rp 2 juta. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed