Minggu, 04 Feb 2018 08:23 WIB

Inggris Bakal Terapkan Denda Tak Terbatas untuk Penipuan Emisi Mobil

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: REUTERS/Peter Nicholls Foto: REUTERS/Peter Nicholls
London - Pemerintah Inggris dinilai tak bertaji dalam menangani kasus penipuan emisi Volkswagen di Inggris. Menjawab kritik ini, Inggris membuat aturan yakni denda yang tak terbatas dan tuntutan pidana bagi yang melakukan kecurangan terkait emisi mobil.

Dilansir Reuters Minggu (4/2/2018) pemerintah Inggris mengajukan aturan itu pada hari Kamis lalu. "Orang-orang yang curang harus bertanggung jawab di negara ini secara legal finansial atas tindakan mereka," ujar Menteri Transportasi Jesse Norman.

Produsen Jerman VW pada tahun 2015 mengakui memasang perangkat lunak untuk mencurangi tes emisi diesel di Amerika. Sejak saat itu, VW membayar kompensasi kepada Amerika namun menolak melakukan hal yang sama di Eropa, karena VW berpendapat perangkat lunak itu tidak ilegal di Eropa.

Berdasarkan proposal yang berisikan aturan tadi, bukan hanya perusahaan yang curang yang akan dikenakan hukuman, namun bisa juga meluas ke pihak importir jika terbukti ikut melakukan kecurangan standar emisi.

Proposal akan diajukan ke pemerintah, dengan terlebih dahulu memberi kesempatan pada para produsen untuk memberikan pendapat mereka sebelum aturan terbentuk.

Ketua Asosiasi Industri Mobil Inggris Mike Hawes, mengatakan bahwa pemerintah punya wewenang menegakkan hukum termasuk pemeriksaan emisi mobil. (khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed