Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 31 Januari 2018, 13:59 WIB

Raja-raja Mobil Kelas Dunia

Dina Rayanti - detikOto
Raja-raja Mobil Kelas Dunia Foto: Istimewa
Jakarta - Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi menutup tahun 2017 dengan manis. Aliansi yang terbentuk akhir tahun 2016 itu berhasil menggeser Toyota dan menempati posisi kedua sebagai penjualan mobil terbanyak di dunia.

Posisi puncak masih ditempati merek asal Jerman Volkswagen. Volkswagen menjual 10,74 juta mobil di seluruh dunia sementara Renault-Nissan-Mitsubishi tercatat menjual 10,61 juta mobil seperti dilaporkan Nikkei, Rabu (31/1/2018). Toyota yang sudah dua tahun ini tergeser oleh VW menjual 10,386 juta unit mobilnya.

Keberhasilan VW terlihat di China. Di Negeri Tirai Bambu itu VW mengalami kenaikan penjualan hingga 5,1 persen menjadi 4,18 juta unit mobil.

Sementara Toyota walaupun mengalami peningkatan penjualan di Asia dan Eropa namun di Timur Tengah dan Amerika penjualannya menurun 14,9 persen dan 0,6 persen.

Meski menurun Toyota sendiri tak terlalu ambisius untuk kembali menduduki posisi teratas sebagai merek mobil dengan penjualan terbesar di dunia. Toyota memilih untuk tetap menjaga kualitas mobilnya dibandingkan menjual mobil sebanyak-banyaknya.

Tahun 2018 misalnya, Toyota berencana menjual 10,495 juta mobil di seluruh dunia atau naik sekitar 1 persen jika dibandingkan tahun ini. Di Jepang sendiri penjualan Toyota justru diprediksi turun 5 persen karena beberapa model yang sudah tidak diproduksi lagi.

"Kami harus bisa lebih baik dari tahun lalu," kata salah satu eksekutif Toyota. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed