Kamis, 25 Jan 2018 13:13 WIB

Mengintip Bengkel Tempat Kelahiran Mobil Bermuka Dua di Bandung

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Mengintip Bengkel Tempat Kelahiran Mobil Bermuka Dua di Bandung Foto: Abdul Haris Utiarahman Mengintip Bengkel Tempat Kelahiran Mobil Bermuka Dua di Bandung Foto: Abdul Haris Utiarahman
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Kota Bandung memang gudangnya kreativitas, aneka barang aneh dan lucu-lucu bisa ditemui di kota Bandung. Tak terkecuali soal mobil.

Ada mobil bermuka dua yang bikin heboh gara-gara ditilang oleh polisi di Sukajadi, Bandung beberapa waktu lalu. Mobil dimiliki oleh Roni Gunawan, seorang kepala bengkel Taksi GR.

Mobil itu dibuat di bengkel taksi GR di kawasan Cibeureum, Bandung.

Dari tol Pasteur, anda tinggal memutar balik menuju Gunung Batu, kemudian melewati perlintasan kereta stasiun Cimindi, dan tidak jauh dari situ anda tinggal belok kiri menuju Jalan Babakan Cibeureum.

Di sebelah kanan nanti ada garasi bercat hijau muda. Tiba di sana, detikcom disambut oleh seorang pria ramah dengan logat Sunda yang kental.

"Dari detikcom ya, sudah dinanti Pak Roni (Roni Gunawan), silakan masuk," ujarnya.

Garasi ini cukup besar, ada bangunan utama di tengah yang berisi ratusan mobil taksi GR. Di luar bangunan ini juga ada mobil taksi yang tengah diperbaiki, dan diremajakan untuk dijual kembali.

Beberapa karyawan terlihat tengah memperbaiki mobil taksi. Ada yang tengah mengelas, memasang kabel, atau sekedar bersih-bersih.

Beberapa saat kemudian, detikcom bisa bertemu dengan Roni Gunawan, sambil menawarkan minuman dan makanan ringan, pria yang terlihat masih segar di usia yang sudah 71 tahun itu bercerita panjang lebar tentang mobilnya yang unik.

"Tadinya gak ada ide gimana-gimana, cuma iseng lihat mobil ini korban online kan bergeletakan begini, sudah berdebu, iseng-iseng motong dua," ujarnya.

Awalnya, anak buahnya mengaku kesulitan membuat mobil bermuka dua, namun saat Roni bilang tak usah terburu-buru, mereka menyanggupinya. 2 Mobil taksi buatan tahun 2012 langsung dibelah jadi dua.

Bagian ekor dibuang, hanya mempertahankan bagian kepala yang berisi mesin dan transmisi saja. Mobil dalam 3,5 bulan langsung jadi. (ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com