Mobil SUV Bakalan Lebih Ngetren, Geser MPV di Indonesia?

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 24 Jan 2018 10:22 WIB
Mobil SUV Bakalan Lebih Ngetren, Geser MPV di Indonesia? Foto: Toyota
Jakarta - Meski masih didominasi mobil jenis MPV, rupanya model mobil di segmen SUV mulai menarik perhatian konsumen di Indonesia. Bahkan diprediksi model-model tersebut bakalan memenuhi jalan-jalan di Tanah Air beberapa tahun ke depan.

"Sekarang itu City SUV yang marketnya lagi besar kaya misalnya Rush dan sebagainya, mungkin kalau sekarang yang menjanjikan itu City SUV," tutur Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono saat berbincang dengan detikOto di Portico, Senayan City, Jakarta, Selasa (25/1/2018).

Namun Warih menambahkan tren peningkatan penjualan SUV tersebut tak hanya terjadi di Indonesia saja melainkan juga di seluruh dunia. Negara-negara ASEAN lain seperti Filipina dan Vietnam juga pengalami peningkatan di segmen SUV dengan ukuran yang lebih bongsor.

"Kan negara-negara ini GDP-nya mulai growth jadi konsumennya mulai beralih ke mobil-mobil tertentu seperti High SUV," jelasnya.

Jika melihat data milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil segmen SUV baik itu Low maupun High penjualannya mencapai 166.440 unit.

Ini masih cukup terbilang jauh jika dibandingkan dengan model MPV yang mencapai 338.119 unit sepanjang tahun 2017. (dry/lth)