Senin, 22 Jan 2018 14:43 WIB

Prediksi Nissan Tentang Pasar Otomotif di 2018

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Nissan Motor Indonesia Foto: Nissan Motor Indonesia
Jakarta - Sejak tahun 2014, pasar otomotif Indonesia cenderung stagnan di angka 1 juta unit per tahunnya. Namun untuk 2018, di tengah-tengah kondisi politik dan dampak infrastruktur, PT Nissan Motor Indonesia yakin hingga akhir tahun Indonesia akan tembus penjualan mobil hingga 1,1 juta unit.

Hal tersebut dipaparkan Vice President Director of Marketing and Sales Nissan Motor Indonesia, Davy J. Tuilan. Dengan sifat dan daya beli masyarakat Indonesia, keagresifan beberapa produsen otomotif khususnya Nissan, serta kondisi pendukung lainnya, target tersebut akan mampu ditembus.



"Memang pemilu itu ada dua efek, pertama mungkin orang secara politik merasa akan ada gejolak tapi di sisi lain akan banyak spending di partai-partai itu. Saya rasa sih (penjualan mobil) 1,1 juta unit adalah angka konservatif. Karena sudah hampir 3 tahun loh kita ada di angka 1,5 juta, 1,7 juta, jangan kaget kalau tahun ini akan naik signifikan (Nissan-Datsun pun akan agresif)," kata Davy kepada wartawan di Jakarta, kemarin (19/1/2018).

"Lagi pula kalau di Indonesia itu mempunyai mobil itu butuh untuk dipakai atau status sosial? Status sosial kan. Karena pertama kita bawa motor terus sekarang naik mobil, ketemu teman-teman reunian 'Weh gue udah naik mobil, nih'. Jadi itu status sosial," lanjutnya.



Maka, dengan daya beli dan pola pikir seperti itu hal-hal tersebut tak akan berpengaruh signifikan. Pun dengan kenaikan BBM.

"Nih tanpa terasa harga BBM dunia makin menaik, tapi apakah orang tidak beli mobil? Yang ada mereka tidak akan beli mobil yang mesinnya boros, tapi akan beli LCGC. Jadi LCGC akan naik terus," kata Davy.

Namun memang semua itu tidak bisa diperkirakan secara pasti. Yang pasti, pertarungan kendaraan roda empat akan sangat memanas tahun ini.

"Memang tidak ada yang bisa menghitung itu dengan tepat," tutup Davy. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed